Rabu, 17 April 24

Tuna Goreng Menu Andalan Menteri Khofifah

Tuna Goreng Menu Andalan Menteri Khofifah
* Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.

Obsessionnews.com – Seorang perempuan kerap dinilai ideal ketika ia mampu ‘adil’ dalam kehidupannya. Di satu sisi ia pekerja, di sisi lain ia tak lupa pada kodratnya.

Sosok perempuan ideal itu, antara lain, diperankan Khofifah Indar Parawansa. Meski ritme kerjanya sebagai Menteri Sosial luar biasa padat, namun Khofifah tak sekalipun melupakan ‘kodratnya’ sebagai seorang istri bagi suaminya dan ibu bagi anak-anaknya.

Minggu sore, 20 Agustus 2017, menjadi contohnya. Sepulang dari acara ‘Pro Jokowi’ atau ‘Projo’ di Gedung Cak Durasim Surabaya, Jawa Timur, Khofifah memanfaatkan waktu senggangnya untuk menyalurkan hobinya: memasak.

Ya, inilah hobi Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama itu.

Hari itu, memang tak seperti biasanya. Di waktu sebelumnya, perempuan kelahiran 19 Mei 1965 itu biasanya rehat sejenak di dalam kamar sebelum melanjutkan kunjungan kerjanya di lokasi lain. Tapi tidak sore itu.

Pandangannya langsung menuju dapur yang terletak di bagian belakang rumah. Masih dengan ‘kostum’ lengkap dengan baju yang dipakai saat acara Projo dan jilbab merah yang dipadu kemeja putih.

Sebuah kursi kecil diambil, lalu didudukinya. Di hadapannya, sebuah kompor gas menyala dengan wajan berisi minyak di atasnya. Tangannya yang cekatan segera mengambil adonan dadar jagung di sebuah wadah, diambil sendok demi sendok, lalu dicemplungkannya ke dalam wajan.

Sambil menunggu dadar jagung matang, dengan santai Khofifah membuka obrolan.

Sejatinya, tutur Khofifah, ia paling senang memasak ikan tuna goreng yang disajikan dengan sambal khusus buatannya. Itu dilakukannya jika ia memiliki waktu lebih senggang.

“Itu menu wajib saya,” tegasnya.

Menurutnya, memasak ikan tuna goreng sangat sederhana dan bisa dilakukan di mana saja, tidak hanya di rumah.

“Ikan tuna diiris-iris, lalu digoreng. Yang paling menentukan enak atau enggaknya itu kan prosesnya untuk menghilangkan bau amis ikan,” terang Khofifah yang mengaku terakhir kali memasak selepas Hari Raya Idul Fitri lalu karena ditinggal mudik asisten rumah tangganya.

Ikan tuna goreng akan semakin menggoda dengan sambal khusus andalannya. Bahannya adalah tomat, cabai merah, bawang bombay, gula merah, dan sedikit kecap.

“Diaduk-aduk, sudah jadi. Di mana saja kita bisa memasak seperti itu, misalnya saat kemping,” ujarnya.

Agar meresap ke dalam daging ikan, biasanya ia menyiramkan bumbu sambal manis itu ke tumpukan ikan tuna goreng di atas piring sampai merata.

“Biarkan sekitar 15 menit supaya meresap. Sudah, simpel toh,” tandasnya sambil tersenyum. []

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.