Sabtu, 20 April 24

Tri Rismaharini Raih Best Achiever in Government di Ajang Obsession Awards 2017

Tri Rismaharini Raih Best Achiever in Government di Ajang Obsession Awards 2017
* Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Obsessionnews.com – Tak sulit menempatkan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, ke dalam daftar peraih Obsession Awards 2017. Rekam jejaknya yang mentereng dengan segudang prestasi, membuat sosoknya pantas meraih Best Achiever in Government dari Majalah Women’s Obsession dalam ajang Obsession Awards 2017.

Banyak faktor yang membuat figur Tri Rismaharini dikagumi, antara lain sukses mempromosikan kebijakan sosial ekonomi dan lingkungan di kota terbesar kedua di Indonesia ini. Kebijakannya menata taman-taman di Surabaya sangat diapresiasi oleh World Mayor Prize (WMP). Sebagai contoh adalah Taman Bungkul yang awalnya tak layak disebut taman berhasil disulap menjadi taman yang indah, sekaligus tempat rekreasi gratis untuk warga Surabaya.

Taman tersebut juga telah diakui sebagai taman terbesar se-Asia Tenggara. Risma juga mengembalikan fungsi awal taman–taman yang tak terurus. Sudah sepantasnya, Surabaya menjadi kota terbersih se-Indonesia menyabet gelar Piala Adipura tiga kali berturut-turut dari tahun (2011, 2012 & 2013). Perempuan kelahiran 20 November 1961 ini juga mempunyai andil besar dalam pembangunan pedestrian berkonsep modern bagi pejalan kaki di sepanjang jalan Basuki Rahmat hingga jalan Tunjungan, Blauran, dan Panglima Sudirman.

Keistimewaan lain dari komandonya adalah konsistensi menjalankan roda pemerintahan dengan sistem online. “Kami menyusun anggaran dan pengelolaan pengendalian keuangan, semuanya menggunakan sistem elektronik, karena bisa menghemat anggaran hingga ratusan miliar dan mencegah tindakan kecurangan. Sebagai contoh untuk proses perizinan di bidang kesehatan, pendidikan, perkantoran, dan lain sebagainya, kita gunakan sistem online.

Untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB), rapot online, di dunia pendidikan kita mampu menghemat Rp3 miliar tiap tahunnya,” ujar Risma di suatu wawancara. Di bidang pendidikan, jumlah siswa berprestasi terus mengalami peningkatan. Jika tahun 2010, jumlah siswa yang berprestasi sekitar 300 anak, pada 2016 mencapai 5.000 anak. Salah satu upayanya, pemerintah kota telah membangun sedikitnya 1.000 perpustakaan di sejumlah kawasan kota.

Salah satu obsesi Risma di bidang pendidikan adalah membangun kampus Google pertama di Asia Tenggara berlokasi di Surabaya. Risma menyampaikan gagasan tersebut saat menjadi pembicara Startup Nation Summit 2017 di Johannesburg, Afrika Selatan pada Maret 2017. Konferensi internasional tersebut dihadiri oleh CEO dari berbagai perusahaan berbasis internet seperti Facebook, Instagram, dan Google.

Risma pun berharap di Google akan mendirikan kampus pertamanya di Indonesia, berlokasi di Surabaya. Kampus Google didesain sebagai pusat pengembangan startup di sektor bisnis berbasis internet. Di sana, para pengusaha startup dapat saling berbagi dan belajar bisnis dari para ahli Google, seperti soal pemasaran, pengembangan pemanfaatan teknologi, sampai monetasi. Kampus ini terakhir didirikan di Seoul, Korea Selatan pada 2015.

Di bawah kepemimpinan ibu dua anak ini, Surabaya juga berhasil mendorong masyarakat untuk menghasilkan produk dari tanaman bakau, misalnya bakau batik, sirup, dan produk makanan bakau lainnya. Daya tarik lokal tersebut turut mempengaruhi jumlah wisatawan. Akhir 2016, Surabaya berhasil meraih terbaik kedua Indeks Pariwisata Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata. Penilaian tersebut menjabarkan travel and tourism competitive index Surabya mendapat skor 3,74 setelah kota Denpasar Bali memperoleh penilaian 4,12. Salah satu indikator penilaian adalah pembangunan infrastruktur yang tinggi dibanding daerah lainnya. (Silvy Riana Putri)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.