Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Tertarik, Teman Ahok Diundang ke Singapura

Tertarik, Teman Ahok Diundang ke Singapura
* Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama Teman Ahok.

Jakarta, Obsessionnews Beberapa anak muda yang tergabung dalam komunitas relawan Teman Ahok ikut mewarnai  perjalanan sejarah perpolitikan nasional. Manuver Teman Ahok dalam penggalangan sejuta KTP untuk mendukung duet Ahok-Heru maju di Pilkada DKI Jakarta 2017 melalui jalur independen berbuah manis. Belum tiga bulan perolehan KTP untuk Ahok-Heru hampir mencapai sejuta lembar.

Data yang dirilis Teman Ahok Rabu (1/6/2016) menyebutkan hingga Selasa (31/5), telah terkumpul 918.762 KTP atau 91,88% dari target sejuta KTP. Teman Ahok tinggal mencari lagi sebanyak 81.238 KTP atau 8,12% untuk mencapai sejuta KTP. Bulan ini ditargetkan terealisasi sejuta KTP.

Perolehan KTP tersebut  melampaui persyaratan minimum dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan calon independen di Pilkada DKI 2017 didukung minimum 532.000 KTP. Meskipun demikian Teman Ahok tetap bekerja mengumpulkan sejuta KTP sesuai target awal. Alasannya apabila ada KTP yang diverifikasi KPUD DKI dan dianggap tak memenuhi syarat, masih ada stok.

Ahok, sapaan akrab Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, tidak menjadi anggota partai politik (parpol) apapun setelah angkat koper dari Partai Gerindra pada tahun 2014. Ahok memutuskan maju di Pilkada DKI 2017 melalui jalur independen. Ia memilih Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI, Heru Budi Hartono, sebagai wakilnya. Duet Ahok-Heru yang diusung Teman Ahok dideklarasikan pada Senin (7/3) lalu.

Ahok-Heru  juga mendapat dukungan tanpa syarat dari dua parpol, yakni Partai Nasdem dan Partai Hanura. Kedua parpol ini membantu Teman Ahok dalam percepatan pengumpulan sejuta KTP.

Teman Ahok terbentuk pada Juni 2015. Sebulan kemudian mereka bergerilya mengumpulkan KTP untuk Ahok. Saat itu di formulir hanya tercantum nama Ahok di kolom calon gubernur (cagub), dan tidak ada kolom calon wakil gubernur (cawagub). Dalam tempo tujuh bulan terkumpul sebanyak 784.977 KTP.

Namun, perolehan KTP tersebut dipersoalkan oleh berbagai pihak dan dianggap tidak sah, karena tidak mencantumkan nama cawagub. Teman Ahok akhirnya memutuskan tidak melanjutkan pengumpulan KTP untuk Ahok.

Setelah Ahok memutuskan menggandeng Heru sebagai cawagub Teman Ahok mengumpulkan KTP ulang pada hari Jumat (11/3/2016), dengan mengedarkan formulir baru yang mencantumkan nama cagub dan cawagub. Dan hanya dalam tempo singkat perolehan KTP mendekati sejuta lembar.

Kecemerlangan Teman Ahok dalam gerakan sejuta KTP itu menarik perhatian warga Jakarta yang tinggal di Singapura. Dua pendiri Teman Ahok, yakni Amalia Ayuningtyas dan Richard, akan diundang ke Singapura akhir pekan ini.

Di Singapura Amalia dan Richard akan berbagai pengalaman dalam gerakan pengumpulan sejuta KTP.  Mereka akan tampil sebagai pembicara di acara bertajuk  “Menuju Indonesia Lebih Baik, Festival Makanan Indonesia” di 50 MacPherson Road, Amazana Building, Sabtu (4/6) pukul 17.00-20.00 waktu setempat.

“Jadi memang akan ada acara di Singapura tetapi itu murni inisiatif teman-teman TA (Teman Ahok) di Singapura yang mau mengundang TA pusat untuk sharing,” kata Amalia seperti dikutip sebuah media online, Rabu (1/6)

Amalia mengungkapkan, banyak warga Jakarta yang berada di luar negeri memang banyak yang membangun Posko Teman Ahok untuk mengumpulkan KTP. Selain di Singapura, posko tersebut juga ada di Australia, Hongkong, dan Berlin. (arh, @arif_rhakim)

Baca Juga:

Teman Ahok Larang Habiburokhman Terjun dari Monas

Tinggal Cari 9 Persen, KTP Ahok Sudah Capai Sejuta

Golkar Ingin Kadernya Dampingi Ahok

Hasil Survei Golkar: Ahok Raih Peringkat Pertama

Wow! Ahok Disebut Pemimpin ‘Bajingan’

Ahok Tepati Janjinya Hadir di Teman Ahok Fair

Batal Bunuh Diri, Politikus Gerindra Ini Kabur dari Monas

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.