Rabu, 24 April 24

Soroti Isu Ketimpangan, Anies Baswedan Usung “Perubahan Berkeadilan” Sebagai Tema Presidensinya

Soroti Isu Ketimpangan, Anies Baswedan Usung “Perubahan Berkeadilan” Sebagai Tema Presidensinya
* Anies Baswedan Hadir Menemui Anak Muda di Acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2023, Jumat (24/11/2023). (Foto: Arfi/Obsessionnews.com)

Obsessionnews.com – Acara Indonesia Millennial and Gen-Z 2023 resmi digelar selama tiga hari, dimulai pada Jumat (24/11/2023) hingga akhir pekan mendatang. Terdapat banyak kegiatan menarik dan tentunya menginspirasi yang sangat sayang untuk dilewatkan, salah satunya yaitu sesi bincang-bincang dengan tiga calon presiden yang hadir di hari pertama dan ketiga.

Baca juga: Jelang Tahun Politik 2024, Ganjar Pranowo Ajak Millenial dan Gen-Z Berpartisipasi dalam Pemilu

Anies Baswedan, hadir di sesi yang bertajuk Indonesia’s Electoral Epoch: Unveiling the Dynamic of the Pivotal 2024 Election’, pada kesempatan ini mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut diberikan ruang untuk bertemu dengan para anak muda yang hadir, untuk berbagi mengenai dinamika politik saat ini, termasuk mengenai pencalonanya sebagai kepala negara di 2024 mendatang.

Sosok calon presiden nomor urut satu itu pun, lantas membuka sesinya dengan kisah mengenai perjalanannya mengunjungi berbagai daerah di Indonesia. Dari perjalanan tersebut, permasalah yang terlihat adalah mengenai ketimpangan, mulai dari segi ekonomi, pendidikan, hingga lapangan pekerjaan. 

Menyikapi isu ini, maka dari itu tema utama presidensi yang diusung oleh pasangan AMIN adalah “Perubahan Berkeadilan”. Pada kesempatan yang sama, ia pun berbagi mengenai sejumlah gagasan untuk mewujudkan perubahan tersebut.

“Saya mengusung re-industrialisasi, yang artinya membangun industri-industri baru di kawasan yang sebelumnya belum menjadi pusat industri. Tema kami adalah bahwa perubahan bukanlah hanya sebagai kosmetik, tetapi perubahan harus substansial apakah perubahan tersebut mengusung konsep keadilan,” kata Anies.

Masih seputaran keadilan, isu mengenai disabilitas turut menjadi fokus utama yang dibahas oleh Anies. Menurutnya, penyandang disabilitas berhak mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemampuannya, hal yang akan dilakukan sang calon presiden untuk mewujudkan hal itu adalah dengan memberikan insentif kepada perusahaan yang mau mempekerjakan penyandang disabilitas.

Baca juga: Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2023, Soroti Peran Anak Muda Sebagai Pemimpin di Masa Depan

Mengakhiri sesinya, Anies tak ketinggalan menyoroti peran anak muda dalam pemilu 2024 mendatang. Ia percaya, bahwa suara anak muda dalam dunia politik mampu membentuk reformasi demokrasi, salah satunya dengan berperan aktif mengawasi Pemilu 2024, demi terciptanya Indonesia yang maju di masa depan.

“Mari kita sama-sama awasi suara kita di Pemilu 2024 Karena di sana ada suara kita semua,” tutupnya. (Arfi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.