Kamis, 18 April 24

OMRON Resmikan Fasilitas Automation Center di Singapura

OMRON Resmikan Fasilitas Automation Center di Singapura

Perusahaaan teknologi otomatisasi terkemuka menampilkan inovasi pabrik pintar melalui fasilitas Automation Center terbarunya

SINGAPURA, 10 Oktober 2017 – OMRON Asia Pacific, pemimpin global di bidang teknologi otomatisasi, belum lama ini meresmikan fasilitas Automation Center (ATC) di Singapura. Fasilitas ruang pameran inovasi sekaligus fasilitas penelitian dan pengembangan yang bernilai SGD 13,5 juta (USD 10 juta) ini adalah salah satu bentuk investasi OMRON dalam pengembangan robotika di Singapura selama dua tahun ke depan sekaligus sejalan dengan komitmen Singapura terhadap pengembangan pabrik-pabrik canggih. ATC tersebut merupakan fasilitas ATC OMRON ke-9 di dunia.

Profesor Quek Tong Boon, Chief Executive, National Robotics Programme bersama dengan Takehito Maeda, Managing Director of Industrial Automation Business, OMRON Asia Pacific memimpin acara peresmian fasilitas Automation Center tersebut.

Fasilitas ATC OMRON di Singapura menyuguhkan sekilas gambaran proses produksi di masa mendatang, yang dirancang saling terkoneksi, memiliki kecerdasan dan sangat berbasis data. Fasilitas ini merupakan ATC OMRON pertama di dunia yang khusus didirikan untuk meneliti lebih jauh tentang penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang cangih, Internet of Things (IoT), dan teknologi robotika yang diaplikasikan dalam proses produksi.

Fasilitas ATC tersebut juga unik karena hadir sebagai contoh (working model) pabrik pintar masa depan OMRON dan Future of CEO Cockpit, yang menampilkan bagaimana tingkat kecerdasan manufaktur dan tingkat visibilitas kegiatan operasional yang lebih tinggi mampu dicapai dengan memanfaatkan teknologi yang terus berevolusi.

Usai pembukaan fasilitas ATC tersebut, Takehito Maeda, Managing Director of Industrial Automation Business, OMRON Asia Pacific berkata, “OMRON selalu berpegang teguh untuk memberikan nilai lebih melalui inovasi teknologi dan memprioritaskan kebutuhan pelanggan dalam setiap kegiatan yang kami lakukan. Dengan keberadaaan fasilitas ATC tersebut, kami ingin menunjukkan potensi yang dimiliki pabrik pintar dan membawa proses produksi masa depan ke hadapan para pelanggan kami saat ini.”

“Kami bekerja tak kenal lelah bersama industri di Singapura selama beberapa dekade, dari satu generasi ke generasi berikutnya, untuk mendukung operasional pabrik-pabrik di Singapura. Hingga kini, kami terus mendukung para pelanggan saat mereka ingin berkembang merangkul transformasi digital di dalam pabriknya. Kami sangat bangga dapat turut serta membantu mewujudkan pabrik pintar yang sejalan dengan visi Singapura untuk menjadi Negara Cerdas,” tambah Maeda.

Melihat bahwa industri manufaktur menyumbang hampir 20 persen total produk domestik bruto di Singapura, sangatlah penting bagi pelaku industri manufaktur di negara ini untuk terus mengikuti perkembangan inovasi pabrik pintar dan kemajuan teknologi terkini.

Lim Kok Kiang, Assistant Managing Director, Singapore Economic Development Board, berkata, “Proses transformasi Singapura ke arah manufaktur yang lebih maju dipercepat oleh dukungan kami terhadap inovasi dan keunggulan yang telah ada di industri manufaktur. Kami terus menjaring pengguna dan penyedia teknologi untuk bekerja sama dan membangun kemampuan inovatif tersebut. Kami sangat senang karena OMRON membangun fasilitas Automation Center di Singapura yang nantinya akan mendorong pemanfaatan solusi otomatisasi terintegrasi dan pengaplikasian teknologi robotika, terutama di kalangan perusahaan skala kecil dan menengah. Besar harapan kami bahwa para ahli dari OMRON dapat berinisiatif melatih dan membantu mengembangkan kemampuan para integrator sistem dan pengguna akhir di Singapura.”

Pada akhirnya, fasilitas ATC OMRON di Singapura akan menjadi sarana nyata bagi tim perusahaan tersebut untuk bekerja sama dengan pelanggannya dari lintas industri – termasuk otomotif, elektronik dan layanan kesehatan – guna menguji pemikiran baru dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengalami sendiri manfaat otomatisasi industri. Keberadaan fasilitas tersebut selanjutnya akan membantu perusahaan-perusahaan merumuskan langkah untuk menghadapi tantangan bisnis dan dalam upaya memenuhi kebutuhan pelanggan secara lebih baik.

OMRON Corporation merupakan pemimpin global dalam bidang otomatisasi industri, yang didasari oleh teknologi sensing and control + think. Bisnis OMRON mencakup bidang yang luas, mulai dari otomatisasi industri dan komponen elektronik, hingga komponen elektronik untuk otomotif, sistem infrastruktur sosial, alat-alat kesehatan, dan solusi lingkungan. Didirikan pada 1933, OMRON kini memiliki 38.000 karyawan yang tersebar 110 negara untuk menyediakan produk dan layanan bagi pelanggan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website OMRON di http://www.omron.asia, laman Facebook pada https://www.facebook.com/OmronIndonesia dan laman LinkedIn pada https://www.linkedin.com/company/omron-asia-pacific. (Ali)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.