Jumat, 19 April 24

Ketua DPR Dukung Pembubaran HTI

Ketua DPR Dukung Pembubaran HTI
* Setya Novanto.

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua DPR Setya Novanto mendukung keputusan pemerintah untuk membubarkan dan melarang aktivitas ‎organisasi masyarakat Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Sebab, organisasi yang ada di Indonesia kata dia tidak boleh bertentangan dengan Pancasila.

Maka untuk itu,  semua organisasi yang diduga menyimpang dan mengancam persatuan dan kesatuan, kebhinekaan dan keutuhan bangsa, patut ditindak tegas.  ‎”Saya memandang keputusan untuk membubarkan organisasi HTI sebagai ormas sudah didasari atas pertimbangan yang matang. Ini patut diapresiasi,” ujar Setya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/5/2017). ‎

Setya menuturkan, sesuai dengan ketentuan Undang Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, seluruh ormas yang berbadan hukum wajib tunduk dan patuh pada aturan.‎ Organisasi yang menyimpang pantas diberikan tindakan.

Keberadaan ormas, menurutnya, seharusnya turut mendukung penciptaan kondisi nasional yang stabil dan kondusif. Situasi ini tak lain untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara serta menjamin keberlangsungan rakyat.

“Saya mendukung sepenuhnya sikap pemerintah mengambil tindakan tegas terhadap ormas HTI,” tuturnya.

Sebagai ketua parlemen, dia mengajak kepada publik untuk menyerahkan sepenuhnya proses pembubaran HTI sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Hal ini penting, supaya keputusan pemerintah membubarkan HTI punya landasan legitimasi yuridis dan tak menjadi polemik di masyarakat.

“Kita tentu tidak ingin tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara terancam karena perbedaan pemahaman. Kita juga tidak ingin dasar negara yang telah diperjuangkan oleh para pendiri republik diselewengkan dan dinafikan,” ujarnya.‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.