Senin, 25 Juni 18

Banyak Makan Korban, Bambang Soesatyo Minta Pilkada Dikaji Lagi

Banyak Makan Korban, Bambang Soesatyo Minta Pilkada Dikaji Lagi
* Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua DPR Bambang Soesatyo menilai Pilkada Langsung belum bisa melahirkan kepala daerah yang benar-benar bisa bekerja untuk kemajuan daerahnya. Yang ada justru Pilkada Langsung banyak memakan korban karena sistem ini masih menghendaki adanya politik transaksional.

“Pilkada langsung telah banyak memakan korban. Saya berharap KPK bisa membuat kajian tentang pilkada langsung dan dampaknya terhadap korupsi maupun kondisi sosial bangsa,” kata Bambang di Jakarta, Selasa, (13/2/2018).

Untuk itu, politisi Partai Golkar ini meminta agar pemerintah bisa melakukan kajian ulang
apakah Pilkada Langsung lebih banyak manfaatnya atau malah menyusahkan. Ia sendiri melihat banyak calon dan kepala daerah yang sudah berurusan dengan KPK.

“Kita tak boleh takut dan malu dalam memperbaiki sistem yang ada,” ucap dia.

Menurut Bambang, jika penerapan Pilkada melalui DPRD akan mempersempit ruang korupsi. Sistem ini diyakini juga akan mempermudah KPK dalam melakukan pengawasan. Ia menambahkan korupsi yang semakin banyak di Indonesia juga disebabkan karena sistem.

“Saya rasa KPK akan mudah mengawasi pemilihan pilkada melalui DPRD. Kita tidak ingin bangsa ini terus berkubang dalam lingkaran korupsi. Sistemnya harus diperbaiki dengan meningkatkan tindakan pencegahan dan pengawasan,” katanya. (Albar)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.