Senin, 18 Desember 17 | 21:45 WIB

  • Flipboard
  • Linkedin

Pengacara Klaim Praperadilan Novanto Belum Gugur

Pengacara Klaim Praperadilan Novanto Belum Gugur
* Fredrich Yunadi, pengacara Setya Novanto.

Jakarta, Obsessionnews.com – Fredrich Yunadi, pengacara Setya Novanto mengklaim bahwa praperadilan yang diajukan kliennya masih tetap jalan meski KPK telah melimpahkan berkas penyidikan ke tahan penuntutan.

“Dalam hal ini kita kembalikan ke KUHAP dan putusan Mahkamah Konstitusi bahwa praperadilan itu akan gugur bila sudah dibacakan dakwaan,” kata Fredrich di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Fredrich mengatakan praperadilan dinyatakan gugur apabila dakwaan sudah dibacakan di pengadilan. Sementara berkas penyidikan masih akan dipelajari jaksa sebelum dilimpahkan ke pengadilan.

Untuk itu dia mempersilahkan KPK untuk tetap memproses kasus Novanto ke pengadilan, tetapi KPK diminta memberi kesempatan bagi mereka melakukan praperadilan.

“Dakwaan itu kan sekarang masih belum, penyerahan berkas ke pengadilan belum, penunjukan hakim juga belum, masih panjang. Jadi kita lihat saja perkembangannya gimana dan itu tergantung hakim,” ujar Fredrich.

KPK sebelumnya memastikan seluruh berkas perkara Novanto telah lengkap atau P-21.
KPK selanjutnya akan melakukan pelimpahan tahap dua dengan menyerahkan tersangka dan berkas dari penyidikan ke penuntutan. (Has)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *