Kamis, 25 April 24

Jokowi Akan Hadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-57 di Cibubur

Jokowi Akan Hadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-57 di Cibubur
* Presiden Jokowi menghadiri Peringatan Hari Pramuka sekaligus pembukaan Raimuna Nasional di Cibubur, Jakarta, pada 14 Agustus 2017 lalu.

Jakarta, Obsessionnews.com – Puncak peringatan Hari Pramuka ke-57 dilaksanakan di Lapangan Gajahmada, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, Selasa, (14/8/2018) pukul 15.00 WIB. Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka (Kamabinas) akan hadir di tengah ribuan Pramuka dalam acara puncak yang digelar oleh Kwarnas Gerakan Pramuka tersebut. Peringatan Hari Pramuka dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia, mulai Kwartir Ranting dan Gugus Depan hingga Kwarnas.

Dalam sejarahnya, Peringatan Hari Pramuka yang diadakan Kwarnas Gerakan Pramuka selalu dihadiri Presiden RI. Di era kepemimpinan Adhyaksa Dault, Peringatan Hari Pramuka di tingkat pusat juga selalu dihadiri Presiden Jokowi. Kehadiran Jokowi dinilai dapat memompa semangat insan Pramuka di seluruh Indonesia.

“Kehadiran Kak Jokowi selaku Kamabinas, dalam setiap peringatan Hari Pramuka bukan sekadar memperkuat peran Pramuka dalam menjaga keutuhan NKRI. Tapi juga sekaligus memberikan semangat kepada adik-adik Pramuka untuk terus belajar, memberikan yang terbaik bagi bangsa ini,” ujar Ketua Pelaksana Peringatan Hari Pramuka ke-57 Kodrat Pramudho.

Mengambil tema “Pramuka Perekat NKRI”, Peringatan Hari Pramuka kali ini akan diikuti ribuan Pramuka dari wilayah Jabodetabek. Sejumlah tokoh, para menteri, kepala daerah baik gubernur maupun walikota/bupati, para ketua Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka dari beberapa wilayah juga akan berkumpul di Cibubur.

Tahun ini, Kwarnas Gerakan Pramuka juga mengundang duta besar negara-negara sahabat, khususnya ASEAN. Sekretaris Jenderal Gerakan Kepanduan Sedunia, World Organization of the Scout Movement (WOSM), Ahmad AlHendawi juga dijadwalkan hadir. Ia sudah tiba Jakarta pada 13 Agustus 2018 ditemani Direktur Pramuka Asia Pasifik, Mr. JRC Pangilinan.

Melalui peringatan Hari Pramuka, Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault mengajak sekitar 2000 peserta upacara dan seluruh Pramuka di daerah untuk meningkatkan dedikasi dan kreativitas dalam mengabdi kepada negeri. Pasalnya, tantangan zaman semakin kompleks. Dibutuhkan cara-cara yang lebih kreatif mengajak generasi bangsa melakukan hal-hal positif.

Dia juga mengajak Pramuka di seluruh Indonesia untuk mengunggah konten-konten positif seputar Hari Pramuka di media sosial dengan tagar #HariPramuka57 #PramukaPerekatNKRI #SetiapPramukaAdalahKantorBerita. Upaya ini dilakukan agar Pramuka terus punya kesadaran kolektif menjadikan internet samakin sehat.

“Ada banyak kegiatan yang diadakan di setiap daerah dalam rangka Hari Pramuka. Untuk itu saya mengimbau kepada adik-adik Pramuka untuk mengabadikan kegiatan Hari Pramuka dengan membuat konten positif lalu sebarkan di media sosial,” ujar Adhyaksa.

Sebelumnya, peringatan Hari Pramuka ini juga diisi dukungan dari Pramuka untuk menyukseskan perhelatan Asian Games. Adhyaksa berharap Pramuka di daerah ikut memberikan dukungan dan semangat agar Indonesia mampu tampil sebagai juara dan menjadi pelaksana tuan rumah terbaik dalam sejarah Asian Games.

“Dukungan dari masyarakat seluruh Indonesia tentu akan membawa rasa optimisme kepada para atlet untuk meraih juara,” jelasnya.

Sebelum 14 Agustus 2018, Kwarnas Gerakan Pramuka telah mengadakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada 5 Agustus 2018 sebagai rangkaian peringatan Hari Pramuka. Tabur bunga dan ziarah kubur juga dilakukan di sejumlah daerah sebagai pembelajaran bagi peserta didik untuk menghargai para pahlawan kemerdekaan NKRI.

Kwarnas Gerakan Pramuka juga mengadakan donor darah pada 8 Agustus 2018 di Kantor Kwarnas, Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. Kegiatan ini dibuka untuk umum. Lalu, ada juga bakti masyarakat. Senin (13/8/2018) malam, diadakan Ulang Janji, sebuah acara ritual para Pramuka untuk mengikat janji dengan mengucapkan Tri Satya Pramuka.

Dalam upacara Hari Pramuka kali ini, pasukan Pembawa Panji Pramuka ditunjuk dari Kwarcab Serang Kwarda Banten, marching band dari SD Al-Azhar Serpong, Tangerang Selatan, petugas upacara dari Kwarda Jabar, pemimpin upacara dari Kwarda DKI Jakarta, dan korsik dari Dinas Pemadam Kebakaran DKI. Sementara atraksi Hari Pramuka dari Kwarda Banten.

Kwarnas juga akan memberikan tanda penghargaan kepada tokoh masyarakat dan kepala daerah yang punya kepedulian tinggi terhadap Gerakan Pramuka. Para pelatih, pembina dan anggota Gerakan Pramuka yang memiliki prestasi dan kepedulian terhadap sesama juga turut diberikan penghargaan yang akan disematkan langsung oleh Presiden Jokowi.

Selain peringatan Hari Pramuka, Kwarnas juga tengah mengadakan pertemuan para pembina dan pelatih Pramuka tingkat nasional atau Karang Pamitran Nasional (KPN) di Desa Lebakharjo, Malang, Jawa Timur. Kegiatan yang berlangsung pada 13-19 Agustus ini diikuti 4500 peserta dari 514 Kwartir Cabang, 34 Kwartir Daerah seluruh Indonesia.

Desa Lebakharjo merupakan satu-satunya Desa Pramuka di Indonesia karena di desa tersebut pernah diadakan kegiatan Pramuka tingkat Asia Pasifik. Desa Lebakharjo pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya Asia Pasifik tahun 1978 dan World Community Development Camp 1993.

“Seluruh kegiatan kepramukaan yang diadakan di desa ini telah berdampak sangat positif bagi kehidupan masyarakat setempat sampai desa ini dijuluki Desa Pramuka,” ujar Adhyaksa. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.