Senin, 11 Desember 17 | 16:29 WIB

  • Flipboard
  • Linkedin

Mewadahi Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa UGM Melalui WOW

Mewadahi Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa UGM Melalui WOW
Photo Credit To Kegiatan WOW (Wani Ora Wirausaha) di Ground Floor Lippo Plaza Jogja, 18-19 November 2017. (Foto: Dok. Humas UGM)

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Sebagai salah satu lembaga pendidikan vokasi,  Departemen Ekonomika dan Bisnis (DEB), Sekolah Vokasi (SV), Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, terus berupaya memberikan wadah kepada mahasiswa untuk merealisasikan  ide-ide wirausaha. Salah satu upaya yang dilakukan DEB SV UGM untuk mewadahi ide-ide wirausaha tersebut yakni dengan menyelenggarakan kegiatan bernama WOW (Wani Ora Wirausaha). Mengambil tema “Be a Young Entrepeneur,” kegiatan tersebut berisi rangkaian kegiatan yang meliputi Business Plan Competition, Business Talkshow, dan Creative Expo Business. WOW diadakan selama dua hari, yakni pada 18-19 November 2017 di Ground Floor Lippo Plaza Jogja.

Salah satu kegiatan andalan dari WOW adalah Creative Expo Business. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah praktikum kewirausahaan dari Program Studi Manajemen Pemasaran, dan Ekonomika Terapan. Pameran tersebut  diisi dengan puluhan stand produk-produk inovasi hasil buatan mahasiswa DEB SV UGM. Berbagai produk inovasi yang ditampilkan meliputi berbagai bidang, seperti food and baverage, merchant, dan busana.

Manajer Pengembangan Kemahasiswaan SV UGM, Fitri Damayanti Berutu, mengungkapkan, WOW dapat menjadi salah satu media bagi mahasiswa untuk mengenalkan berbagai produk inovasi yang telah meraka ciptakan. Menurut Fitri, expo dapat menambahkan pengalaman mahasiswa bagaimana berhadapan dengan para customer secara langsung.

Lokasi pameran yang berada di sebuah mal membuat mahasiswa senang karena dirasa menjanjikan untuk mengenalkan produk mereka. Hal itu, menurut Fitri, membuat mahasiswa melakukan persiapan sebaik mungkin dari  mulai mendesain produk, memilih suplier yang tepat, membuat packaging yang baik dan berbagai persiapan lainnya untuk tampil di expo  ini.

“Sudah saatnya hasil produk inovasi mahasiswa dibawa ke pasar yang lebih luas,” ujar Fitri seperti dikutip dalam keterangan tertulis Humas UGM, Senin (20/11).

Selain itu, animo mahasiswa untuk mengikuti expo ini terus meningkat tiap tahun. Tahun ini, misalnya, ada sebanyak 24 stan produk inovasi mahasiswa yang mengikuti expo.

“Harapannya berbagai inovasi tersebut jangan berhenti sampai expo saja, tetapi expo dijadikan momoentum untuk terus mengembangkan wirausaha ke depan,” ujar Fitri.

Apresiasi atas terselenggaranya expo juga diungkapkan salah satu mahasiswa DEB SV UGM, Vanisya Ramadhani. Ia bersama beberapa rekannya yang tergabung dalam produk Bigfoot sangat terwadahi  dengan adanya expo ini. Menurut Vanisya, expo semakin memotivasi mereka untuk menciptakan produk-produk yang kreatif.  “Semoga ke depannya expo dapat digelar dengan lebih kreatif lagi dan memuat lebih banyak stan dari produk inovasi mahasiswa,” ujar Vanisya. (arh)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *