Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Sembuhkan Asam Urat Tanpa Obat

Sembuhkan Asam Urat Tanpa Obat
* Perbanyak minum air putih dapat obati asam urat.

Obsessionnews – Gaya hidup yang tak sehat seringkali mengundang banyak penyakit. Dan asam urat merupakan salah satu penyakit yang saat ini menjadi perhatian. Pasalnya, asam urat sekarang tidak lagi diidentikkan dengan penyakit yang hanya menyerang orang lanjut usia, karena orang muda usia 30-an pun sudah mulai banyak yang menunjukkan gejala terserang penyakit ini.

Penyakit asam urat yang juga disebut gout arthritis ini disebabkan menumpuknya kadar asam urat dalam darah yang tak mampu dikeluarkan oleh ginjal. Asam urat berasal dari hasil metabolisme purin, semacam protein yang sumbernya banyak berasal dari produk hewani dan minuman yang mengandung alkohol.

Purin dalam jumlah kecil bermanfaat bagi metabolisme tubuh, tetapi purin dalam jumlah banyak akan mengakibatkan penumpukan kadar asam urat yang tak bisa dikeluarkan tubuh sehingga kita pun terserang asam urat.

Lalu, bagaimana mengobati asam urat?

Menurut keterangan yang dilansir meetdoctor.com, tujuan pengobatan asam urat sebenarnya bukanlah menghabiskan kadar purin di dalam tubuh sama sekali, melainkan menguranginya sampai ke batas normal dan mempertahankannya dalam jumlah wajar tersebut sampai tidak lagi mengganggu fungsi tubuh.

Untuk penyakit asam urat yang parah, dokter biasanya akan meresepkan obat sembari menyarankan gaya hidup dan pola makan sehat. Akan tetapi, ketika Anda baru merasakan gejala ringannya, ada baiknya Anda mencoba menyembuhkannya sendiri dengan melakukan modifikasi gaya hidup.

Prinsip pengobatannya mudah sekali: jangan biarkan purin menumpuk dalam tubuh Anda sampai tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal! Berikut ini adalah beberapa cara menyembuhkan asam urat tanpa harus ke dokter atau minum obat resep terlebih dahulu:

  • Kurangi jenis makanan yang banyak mengandung purin. Makanan ini biasanya berupa sumber protein hewani seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, kambing dan babi, ayam, otak dan jeroan. Jika ingin mengonsumsi sumber protein, konsumsilah protein murni seperti putih telur, protein nabati, serta protein yang merupakan sumber asam lemak esensial seperti ikan salmon dan tuna.
  • Perbanyak makan makanan yang bisa melancarkan pencernaan dan proses sirkulasi, misalnya makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral dan serat. Sayur-sayuran segar dan buah adalah kandidat yang baik untuk makanan sehari-hari bagi penderita asam urat.
  • Minum banyak air putih, sekitar 2 liter per hari atau bahkan lebih saat asam urat sedang parah-parahnya. Ini bisa membantu melancarkan aktifitas ginjal dan kandung kemih sehingga makin banyak zat purin yang terbuang dari dalam tubuh.
  • Imbangi diet sehat dengan olahraga untuk semakin melarutkan dan membuang asam urat dari dalam tubuh. Jika merasa kesakitan, tidak perlu memaksa melakukan olahraga berat; cobalah angkat beban ringan, yoga, jalan kaki atau bersepeda perlahan-lahan, dan lakukan dengan konsisten setiap minggu.

Cobalah dulu semua langkah pengobatan asam urat alami ini sebelum Anda menemui dokter. Jika Anda bisa menyembuhkan dan menjaga kadar asam urat sendiri secara alami, bukankah jauh lebih bagus? (Fath@imam_fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.