Senin, 11 Desember 17 | 16:15 WIB

  • Flipboard
  • Linkedin

Larangan Jenderal Gatot Dicabut, Menlu Tunggu Hasil Dari Washington DC

Larangan Jenderal Gatot Dicabut, Menlu Tunggu Hasil Dari Washington DC
Photo Credit To Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi

Jakarta, Obsessionnews.com – Pelarangan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan istri, Enny Trimurti, beserta delegasi memasuki wilayah Amerika Serikat (AS) membuat masyarakat bertanya-tanya.

Munculnya berita tentang Panglima TNI Ditolak Masuk AS ini menjadi trending topic di mesin pencari google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia, Senin (23/10/2017) pukul 11.47 WIB, berita tersebut dicari lebih dari 50.000 kali.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi telah bertemu Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Erin Elizabeth Mckee, hari ini di kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia, Pejambon, Jakarta Pusat, 

Seperti diketahui, Erin mewakili Dubes AS untuk Indonesia, Joseph Donovan Jr yang kini sedang tidak berada di Indonesia.

Menteri Retno mengatakan kepada wartawan bahwa pelarangan terhadap Gatot Nurmantyo sudah dicabut dan diperbolehkan untuk mengunjungi negara adidaya tersebut.

Hubungan Indonesia dan AS sangat strategis, lanjut Retno. Indonesia dimata AS sangatlah penting.

“Mereka regret and apology terhadap situasi yang terjadi, yang menyebabkan ketidaknyamanan ini,” ucap Retno.

Bagaimanapun, pemerintah Indonesia memerlukan klarifikasi dari otoritas AS atas insiden tersebut. Saat ini pihak Kedubes AS di Jakarta tengah mengadakan komunikasi agar mengetahui apa sebenarnya yang terjadi di Washingtin DC.

“Jadi masih kita menunggu,” Jelas Retno.

Gatot mendapat undangan resmi dari Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Jenderal Joseph F Durford untuk menghadiri Chiefs of Defense Conference on Countering Violent Extremist Organization pada 23-24 Oktober di Washington DC.

Panglima TNI ditolak masuk AS ini disampaikan oleh US Custom and Border Protection, melalui maskapai Emirates di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Sabtu (21/10/2017). Saat itu, Gatot melakukan check in akan berangkat ke Amerika dengan maskapai Emirates dengan nomor penerbangan EK 0357. (Popi)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *