Senin, 18 Desember 17 | 21:36 WIB

  • Flipboard
  • Linkedin

KPK Nyatakan Berkas Novanto Sudah Lengkap

KPK Nyatakan Berkas Novanto Sudah Lengkap
* Ketua DPR Setya Novanto usai diperiksa KPK.

Jakarta, Obsessionnews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkas penyidikan Ketua DPR yang juga Ketum Golkar, Setya Novanto sudah lengkap atau P21. Dengan demikian berkas Novanto akan segera dilimpahkan ke tahap penuntutan.

“Selanjutnya aspek formil penyerahan tersangka dan berkas dari penyidik ke JPU (jaksa penuntut umum) akan diproses lebih lanjut,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Selasa (5/12/2017).

Setelah itu pelimpahan ini Novanto yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP itu akan segera disidangkan di Pengadilan Tipikor. Hanya masalah waktu KPK melimpahkan berkas itu ke pengadilan untuk ditentukan jadwal sidang perdananya.

“Dalam KUHAP, KPK memiliki 14 hari untuk menyusun surat dakwaan, tapi biasanya KPK telah membereskan urusan tersebut lebih dulu agar cepat dilimpahkan ke pengadilan,” jelas Febri.

Apabila sidang Novanto resmi digelar maka upaya Praperadilan yang ditempuh Novanto bersama tim penasehat hukumnya di PN Jaksel akan sia-sia. Sebab menurut KUHAP Praperadilan dinyatakan gugur apabila berkas penyidikan seorang tersangka sudah dilimpahkan ke pengadilan. (Has)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *