Minggu, 17 Desember 17 | 01:54 WIB

  • Flipboard
  • Linkedin

Ketua Umum Partai Gerindra – Prabowo Subianto

Ketua Umum Partai Gerindra – Prabowo Subianto
* Prabowo Subianto.

Sebagai Ketua Umum Partai Gerindra, Kiprah Prabowo Subianto di dunia politik cukup hebat. Ia dapat membawa Gerindra dari partai menengah menjadi partai papan atas dalam dunia politik sekarang ini. Prabowo juga tentu berpengaruh besar di kalangan partainya, terutama dalam kemenangan pasangan Anies – Sandi menjadi Gubernur DKI Jakarta.


Partai Gerindra adalah partai politik di Indonesia yang didirikan oleh Prabowo. Partai berlambang burung garuda ini berdiri pada tanggal 6 Februari 2008. Pengurus dan aktivis partai ini dicirikan dengan pakaian safari lengan pendek dan panjang, serta kopiah hitam. Inspirasi nama Gerindra berasal dari nama partai lama, Perindra, yang merupakan pemberian langsung dari Presiden Soekarno.

Pada periode 2009-2014, Partai Gerindra berada di luar kabinet pemerintahan pusat menjadi partai baru yang mengikuti Pemilu. Dari pemilu ke pemilu perolehan kursi partai Gerindra terus menaik. Pada awal Pemilu periode 2009-2014 Gerindra mendapatkan perolehan kursi sebanyak 30 kursi di DPR. Pada Pemilu 2014, partai Gerindra mendapatkan 73 kursi. Itu tandanya, perolehan kursi yang didapat oleh Gerindra meningkat lebih dari 100 persen.

Padahal, partai besutan Prabowo ini baru dua kali mengikuti Pemilu, dan partainya sudah menjadi partai papan atas. Setelah itu, Gerindra mengusung Prabowo selaku Ketua Dewan Pembina sebagai calon presiden pada periode 2014-2019.

Tak hanya itu, mantan Danjen Kopasus ini bahkan mampu membawa pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjadi Gubernur DKI Jakarta terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017.

Prabowo selalu mendorong kader partainya untuk mendukung pasangan tersebut, alhasil bahwa para pemimpin partai mampu menggerakkan para pendukung dan simpatisan yang ada. Seluruh komponen partai, termasuk para pemimpinnya turun gunung untuk menyukseskan jalannya menuju kursi kepemimpinan DKI 1.

Pada saat kampanye, di hadapan lebih dari 8.000 peserta rapat konsolidasi Partai Gerindra, Prabowo meminta kadernya agar bekerja menyukseskan Anies-Sandiaga. Permintaan itu juga berlaku bagi para kader yang menjabat sebagai anggota Dewan. Prabowo sebelumnya juga ikut dalam kampanye pasangan nomor tiga itu ke Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara.

Ini merupakan suatu prestasi bagi Prabowo. Dalam arti kata, Prabowo mampu membawa partai Gerindra menjadi partai besar saat ini. Selain itu, pengaruh sosok Prabowo di kalangan partainya juga sangat tinggi. Sebab, apa yang dia katakan selalu didengar oleh para pengikutnya.

Pengaruh sosok Prabowo juga bukan hanya dikalangan partainya saja, bahkan pengaruhnya tersebut bisa sampai ke Negara tetangga yakni Malaysia. Hal itu terbukti dari pembebasan seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) Indonesia, Wilfrida Soik yang dibebas dari hukuman mati di Malaysia.

Wilfrida diancam hukuman mati atas dugaan pembunuhan terhadap majikannya. Dia dituduh melanggar pasal 302 Penal Code Kanun Keseksaan Malaysia dan terancam hukuman maksimal pidana mati. Kini Wilfrida sudah bebas dan akan menjalani rehabilitasi di Johor Hospital, Malaysia. Perjuangan Prabowo yang terbang ke Malaysia untuk membela Wilfrida TKI asal Belu, Nusa Tenggara Timur ternyata tidak sia-sia dan membuahkan hasil. (Poy)

Artikel ini dalam versi cetak dimuat di Majalah Men’s Obsession edisi Agustus 2017. 

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *