Sabtu, 16 Desember 17 | 10:12 WIB

  • Flipboard
  • Linkedin

Keren Banget… Naik Kereta Api ke Bandara Soekarno-Hatta

Keren Banget… Naik Kereta Api ke Bandara Soekarno-Hatta
* Grafis rute kereta dimulai dari stasiun Manggarai menuju Sudirman, lalu ke Batu Ceper, dan terakhir Bandara Soekarno-Hatta. (Sumber foto: https://ekbis.sindonews.com).

Sebentar lagi Jakarta bisa berdiri sejajar dengan kota-kota maju di dunia lainnya, khususnya untuk urusan transportasi masal. Kali ini bukan Mass Rapid Transit (MRT) atau Light Rail Transit (LRT) yang juga sedang dikebut pembangunannya oleh pemerintah.

Lantas apa?

Jawabannya adalah airport train alias kereta api bandara. Ya, direncanakan tahun 2017 semua proses pengerjaan jalur kereta yang akan menghubungkan beberapa titik di dalam kota Jakarta menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan rampung seluruhnya. Bahkan, di kompleks airport, pengerjaannya sudah 80% rampung.

Wah, keren bangetlah…. Warga Ibukota dan sekitarnya bisa menghemat banyak waktu untuk bisa ngejar penerbangan ke berbagai tujuan di dunia. Menu kemacetan tol bandara plus sumbangan macet ruas jalan Jakarta dan tol dalam kota, sudah bukan barang baru bagi warga Jakarta.

Kalau lagi apes, spare waktu 2,5 jam dari rumah menuju bandara pun kadang bisa menguap percuma. Alhasil, ketinggalan pesawat pun menjadi door prize. Gak ada yang bisa prediksi macetnya Jakarta. Tak jarang ketika ramalam macet menyergap, pas menyusur jalanan menuju bandara malah lancar. Tapi sialnya, kalo lagi yakin gak macet, eh malah kelimpungan nyari jalan tikus supaya gak ketinggalan pesawat.

Semua mimpi buruk kejar-mengejar dengan kemacetan menuju airport Soekarno-Hatta, untung saja akan tinggal menjadi kenangan. Paling tidak, buat mereka yang gak gengsian naik kereta. Soalnya, pasti banyak juga yang ketinggian gak mau pake transportasi umum menuju bandara. Apalagi yang andelin Patwal dengan sirine mengaum-ngaum membuat gendang telinga pekak minta ampun.

Padahal, pejabat kagak, orang penting juga bukan… Presiden Jokowi aja ogah make sirine dan lebih rela menikmati macet bersama rakyat tercinta.

Dengan kereta bandara, waktu tempuh bisa dipangkas signifikan. Dari beberapa titik stasiun pemberangkatan menuju airport, mungkin ada di kisaran 45 menitan perjalanan. Jadi gak sabar ngejajal fasilitas teranyar Jakarta tersebut.

Dari Jakarta Ke Bandara Soekarno-Hatta: Stasiun Utama Manggarai – Stasiun Sudirman Baru – Stasiun Duri – Stasiun Batu Ceper – Bandara Soekarno Hatta

Dari Bandara Soekarno Hatta ke Jakarta: Stasiun Bandara Soekarno Hatta – Stasiun Batu Ceper – Stasiun Duri – Stasiun Sudirman Baru – Stasiun Manggarai.

Dari Stasiun Manggarai penumpang dapat transit dan melanjutkan perjalanan dengan kereta tujuan lainnya, seperti tujuan Bekasi ataupun ke Bogor.

Waktu tempuh setiap perjalanan kereta bandara Soekarno-Hatta diperkirakan kurang lebih 57 menit. Adapun jam operasional kereta Bandara Soekarno-Hatta beroperasi setiap harinya mulai pukul 04.00 WIB sampai dengan pukul 00.00 WIB. Kereta akan beroperasi sebanyak 124 perjalanan pulang pergi dengan setiap kereta akan mempunyai 6 rangkaian gerbong dan dapat mengangkut 272 penumpang.

Sekarang bukan cuma Singapura, Malaysia atau bahkan Sydney yang punya kereta bandara. Akhirnya Jakarta pun punya fasilitas serupa. Luar biasa pemerintah kini.

Presiden Jokowi yang punya visi, dibantu para menteri yang bekerja keras membangun infrastruktur patut mendapat acungan jempol.

Majulah Jakarta, Jayalah Indonesia! (Samuel M.J Karwur,  A New Dimension Bearer )

 

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *