Selasa, 16 April 24

Ini Tujuh Peran Penting Max Born di Ilmu Fisika Modern

Ini Tujuh Peran Penting Max Born di Ilmu Fisika Modern
* Tampilan Google Doodle. (Foto: www.google.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Seorang fisikawan asal Jerman dan matematikawan yang dianugerahi Hadiah Nobel atas kontribusinya terhadap bidang mekanika kuantum yakni Max Born menjadi tema Google Doodle hari ini, Senin (11/12/2017). Hal itu dilakukan oleh Google untuk merayakan ulang tahun Max Born yang ke – 135.

Berita tentang Max Born ini menjadi trending topic di mesin pencari Google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia pada hari ini pukul 13.07 WIB berita ini ditelusuri lebih dari 500.000 kali.

Mekanika kuantum sendiri adalah salah satu bab fisika yang mempelajari materi pada tingkat yang sangat rinci. Bidang ini mendorong penemuan penting seperti komputer pribadi, laser, dan perangkat pencitraan medis (MRI). Matematika kuantum telah mengubah peta perkembangan teknologi.

Max Born meraih gelar Ph.D di Universitas Göttingen, Jerman. Di sana ia kemudian menjadi profesor fisika teoretis. Ia berkolaborasi dan menjadi mentor beberapa ilmuwan paling terkenal saat itu.

Pada tahun 1933 ia terpaksa melarikan diri dari Jerman ke Inggris. Di Inggris, ia menjabat sebagai Profesor Filsafat Alam di Universitas Edinburgh. Ia mengabdi di sana selama hampir dua dekade sampai ia pensiun pada tahun 1954. Pada tahun itu ia kembali ke Göttingen.

Sebuah teori kuantum yang menggunakan probabilitas matematis untuk memprediksi lokasi partikel gelombang dalam sistem kuantum. Teori sebelumnya mengemukakan, persamaan gelombang merupakan pengukuran yang tepat, yang melibatkan percobaan pengukuran fisik yang rumit.

Max Born kemudian menemukan, matriks atau susunan angka dengan baris dan kolom dapat menghasilkan hasil yang serupa, bergantung pada prediksi probabilitas. Teori revolusioner ini sekarang memberikan dasar untuk hampir semua prediksi fisika kuantum.

Max Born meninggal pada 5 Januari 1970 di Gottingen, Jerman menyisakan kisah pilu. Setelah memasuki masa pensiun, dia tinggal di kota peristirahatan di Bad Pyrmont. Di masa tuanya, dia dibayangi kengerian dan potensi bahaya dari peledakan bom atom dan menentang penggunaan senjata nuklir.

Max Born, ilmuwan yang berkontribusi besar terhadap bidang kuantum mekanik, merasa harus bertindak. Untuk itu, dia menandatangani deklarasi yang disebut Gottingen Eighteen. Deklarasi itu melibatkan pula para ilmuwan terkemuka yang memprotes kemungkinan militer Jerman Barat kala itu memiliki kuasa atas senjata nuklir.

Perang nuklir yang ditakutkan pecah selama masa perang dingin telah berlalu dan memang tak terbukti terjadi. Walau kini benih-benih potensi perang nuklir masih ada. Apalagi, data menunjukkan, jumlah hulu ledak nuklir yang siap meluncur terus meningkat.

Data dari organisasi nirlaba Natural Resources Defense Council menyatakan, Amerika Serikat memiliki 5.735-9.960 hulu ledak nuklir, Rusia (5.830-16.000), Inggris Raya (di bawah 200), Prancis (350), Tiongkok (130), India (40-50), Pakistan (30-52), Korea Utara (1-10).

Google tidak akan memasang Google Doodle hari ini tentang Max Born jika kedusukannya dalam peradaban manusia modern tidak teramat penting.

Berikut ini 7 fakta kenapa perannya begitu penting dalam ilmu fisika modern.

1. Pada 23 Oktober 1909, Max Born mempresentasikan tesis habilitasi pengenalan pertama tentang model atom Thomson.

2. Pada 1913, dia memublikasikan penelitian pentingnya tentang relativitas dan dinamika kisi kristal. Studi mengenai dinamika kisi Kristal secara khusus meneliti getaran atom-atom di dalam kristal. Hal ini menjadi penting karena getaran atom-atom dalam Kristal menentukan sifat termal kristal.

3. Pada 1914, dia menerima gelar profesor agung dalam hal teori fisika dari Universitas Berlin.

4. Max Born berteman dengan sejumlah fisikawan ternama termasuk Albert Einstein, Max Planck, and Fritz Haber.

5. Pada periode 1921-1933, Max Born dan rekannya, James Franck, bekerja di Universitas Gottingen, tempat mereka melakukan penelitian soal teori kuantum.

6. Max Born mendapat penghargaan Nobel fisika tahun 1954 atas penelitian dan interpretasi statisikanya tentang fungsi gelombang.

7. Max Born menerima berbagai penghargaan prestisius atas dedikasinya di dunia fisika seperti penghargaan Stokes Medal of Cambridge tahun 1934, Fellow of the Royal Society tahun 1939, Max Planck Medaille 8. der Deutschen Physikalischen Gesellschaft tahun 1948. Pada 1972, dicetuskan penghargaan yang diberi nama Max Born Prize oleh German Physical Society dan British Institute of Physics. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.