Senin, 11 Desember 17 | 16:15 WIB

  • Flipboard
  • Linkedin

Ini Respons Jokowi Setelah Dapat Laporan Panglima TNI Ditolak AS

Ini Respons Jokowi Setelah Dapat Laporan Panglima TNI Ditolak AS
Photo Credit To Presiden Jokowi mengadakan pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump di Hamburg, Jerman.

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi telah menerima laporan dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo atas penolakan dirinya masuk ke Amerika Serikat (AS). Presiden Jokowi langsung mengambil sejumlah langkah.

“Pak Presiden meminta Kemenlu dalam hal ini Menlu untuk menindaklanjuti informasi yang disampaikan kepada presiden itu,” kata Staf Khusus Kepresidenan, Johan Budi SP, di Kompleks Istana, Jakarta, Senin (23/10/2017).

Menurut Johan, Jokowi meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk menindaklanjuti informasi penolakan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Menlu Retno LP Marsudi pun telah dipanggil oleh Jokowi soal kasus ini.

“Untuk mencari titik terang kenapa ada persoalan seperti yang disampaikan oleh panglima TNI,” lanjut Johan.

Menlu Retno sudah menghadap Presiden Jokowi untuk menyampaikan laporan terkait langkah yang dilakukan. Retno juga sudah memanggil Wakil Dubes AS untuk Indonesia Erin McKee ke kantornya.

Sedangkan Panglima TNI telah mengirim surat kepada Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (AS). Jenderal Joseph F. Dunford untuk mempertanyakan insiden tersebut.

Secara terpisah Duta Besar (Dubes) AS untuk RI Joseph Donovan menyesal dan telah menyampaikan permohonan maaf.

Gatot Nurmantyo dilarang masuk ke wilayah AS pada Sabtu (21/10/2017). Saat itu Panglima TNI beserta delegasi masih berada di Bandara Soekarno-Hatta dan hendak check in.

Gatot dan delegasi sudah mengantongi visa dari AS untuk hadir dalam acara Chiefs of Defense Conference on Countering Violent Extremist Organization, atas undangan Jenderal Joseph F. Dunford. (Has)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *