Jumat, 26 April 24

Damien, Sutradara Pertama Asia Raih American Movie Awards

Damien, Sutradara Pertama Asia Raih American Movie Awards

Jakarta, Obsessionnews – American Movie Awards yang berdiri sejak 1980 memilih Damien Dematra sebagai Sutradara Terbaik 2015 lewat film Let’s Play, Ghost. Ini merupakan pencapaian yang luar bisa bagi Damien Dematra sebagai Sutradara.

“Prestasi ini terasa sangat spesial mengingat di tahun 1982 Steven Spielberg lewat film Raiders of the Lost Ark meraih predikat Sutradara Terbaik di American Movie Awards juga,” ujar Damien Dematra dalam keterangan resmi kepada Obsessionnews, Jumat (8/5/2014).

Untuk seorang Damien, hal ini terasa berbeda karena sutradara yang menginspirasi Damien untuk terjun ke dunia film adalah sutradara kenamaan Hollywood tersebut.

Nama-nama besar Hollywood seperti Meryl Streep (The Deer Hunter), Jane Fonda, Burt Reynolds, Clint Eastwood, Robert Duvall, Henry Fonda (On Golden Pond), Katharine Hepburn (On Golden Pond), Sally Field dan Warren Beatty juga pernah meraih penghargaan di ajang bergengsi ini. Damien menjadi orang Asia pertama yang berhasil meraih prestasi ini.

Sayang sekali, film Let’s Play, Ghost yang sudah malang melintang di berbagai festival Internasional sejak tahun 2013 dan telah memenangkan puluhan penghargaan kurang memperoleh tempat yang layak di negerinya sendiri.

Film yang sempat masuk di daftar coming soon, dan posternya telah dipasang di berbagai bioskop pada tahun 2013 entah mengapa bisa disalip oleh banyak film lainnya tanpa alasan yang jelas hingga kini.

Ini menjadi salah satu bukti carut-marutnya dunia perfilman di tanah air, di mana film Indonesia tidak bisa menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

Impian Damien kedepannya adalah menularkan ilmu “Bejari”nya atau belajar sendiri ke generasi muda yang ada di desa-desa, lewat kerjasama dengan Karang Taruna, dan organisasi kepemudaan lainnya. Dia berharap akan lahir generasi emas sineas Indonesia yang berasal dari desa-desa terpencil. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.