Senin, 11 Desember 17 | 16:19 WIB

  • Flipboard
  • Linkedin

Harumkan Industri Sawit Nasional, Nursani Mona Surya Raih Women’s Obsession Awards 2017

Harumkan Industri Sawit Nasional, Nursani Mona Surya Raih Women’s Obsession Awards 2017

Obsessionnews.com – Bagi para pelaku industri sawit Tanah Air, Nursani Mona Surya merupakan nama yang tidak asing lagi. Sebuah perhelatan konferensi sawit terbesar di dunia bertajuk Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) yang diselenggarakan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), memiliki peranan penting melambungkan namanya di industri sawit nasional dan internasional.

Pasalnya, ibu dari empat anak ini telah menjadi ketua panitia pelaksana selama tujuh tahun berturut-turut, dan November 2017 nanti merupakan yang ke–8. Prestasi mentereng tersebut tak terlepas dari keahlian dan pengalamannya dalam industri kelapa sawit. Dia merupakan presiden direktur dari sebuah perusahaan kelapa sawit yang terus menunjukkan pertumbuhan secara berkelanjutan, yaitu Minanga Group.

Rekam jejaknya yang mengharumkan nama Indonesia tersebut patut mendapat apresiasi. Pada ajang Obsession Awards 2017, Kamis (30/3/2017), Majalah Women’s Obsession memberikan Mona anugerah Best Achiever in Entrepreneur.

Meneruskan usaha yang sudah dirintis ayahnya, yaitu PT Perkebunan Minanga Ogan, dia terlibat secara langsung dalam bisnis yang tersebut. Termasuk memberikan perhatian dan membekali diri sebaik-baiknya dalam bekerja. Dalam menjalankan amanah tersebut, perempuan yang biasa disapa Mona ini berusaha banyak belajar dari para profesional perkebunan yang telah lebih dahulu berkecimpung di industri kelapa sawit.

Dia juga melakukan benchmarking ke berbagai perusahaan perkebunan besar dan aktif di organisasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) sejak 2006, kemudian pada tahun 2015 menjabat sebagai Wakil Ketua sampai sekarang.

Mona membuktikan kepada keluarga dan kaum Hawa, meskipun bekerja di bisnis yang dipenuhi tenaga kerja lelaki, dia bisa menanganinya dengan baik. Perusahaan yang menjalankan bisnis perkebunan dan pabrik kelapa sawit (CPO) berkegiatan usaha mengolah dan menjual minyak sawit mentah dan inti kelapa sawit itu terus menunjukkan pertumbuhan.

Minanga Group mulai beroperasi dengan pembentukan PT Perkebunan Minanga Ogan pada tahun 1981 di Baturaja, Sumatera Selatan, dan pabrik pertama perusahaan ini dibangun pada tahun 1987. Saat ini Minanga Group sudah memiliki dua unit pabrik pengolahan kelapa sawit yang mana kedua pabrik tersebut berlokasi di Baturaja, Sumatera Selatan. Seiring dengan pertumbuhan pasar penjualan minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO), Minanga Group juga terus berkembang dan dalam waktu dekat akan membangun satu unit lagi PKS di Kutai Timur, Kalimantan Timur. Seluruh produk (CPO dan Palm Kernel) Minanga Group saat ini masih untuk memenuhi pangsa pasar dalam negeri.

Dalam perannya sebagai bagian penting dari industri kelapa sawit, Mona concern terhadap pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan di masa mendatang sesuai dengan tuntutan global yang semakin sarat dengan isu-isu sustainability.

Menurutnya, sustainability di industri kelapa sawit berarti berbicara tentang peningkatan produktivitas dan efisiensi. Ekspansi areal juga harus diiringi dengan peningkatan produktivitas. Dengan penerapan teknologi tepat guna, manajemen yang tepat kelola, dan juga kepedulian terhadap aspek lingkungan.

Mona berharap, melalui kampanye positif yang terus dilakukan, masyarakat bisa melihat peran strategis kelapa sawit terhadap perekonomian nasional. Perusahaan kelapa sawit memberikan kesempatan lapangan kerja yang cukup luas kepada masyarakat. Hal ini membantu pemerintah yang sedang mendorong pelaku usaha supaya menyerap tenaga kerja seluas-luasnya.

Selain itu, pengembangan lahan sawit ini dapat mengoptimalkan penggunaan lahan yang belum berkembang. Selain sektor yang sukses mengentaskan kemiskinan, perkebunan kelapa sawit juga merupakan komoditas strategis yang memberikan kontribusi devisa ekspor terbesar untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. (Angie Diyya)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *