Minggu, 17 Desember 17 | 01:51 WIB

  • Flipboard
  • Linkedin

Hadapi Pilgub Jabar, Ormas Islam Bentuk Wadah Silaturrahim

Hadapi Pilgub Jabar, Ormas Islam Bentuk Wadah Silaturrahim
* Ilustrasi Pilgub Jabar 2018.

Bandung, Obsessionnews.com – Menghadapi pemilihan gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) pada 2018, sebanyak 11 ormas Islam membentuk sebuah wadah yang diberi nama Forum Kerja Sama Ormas-Ormas Islam (Formasi).

Ke-11 Ormas Islam itu adalah Muhammadiyah, Persatuan Islam, ICMI, Al Irsyad, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, Syarikat Islam, Gerakan Pemuda Islam Indonesia, Persatuan Tarbiyah Indonesia, dan Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia.

Menurut Ketua Badan Pelaksana Formasi Jawa Barat, H Rizal Fadilah, forum tersebut bertujuan untuk menggalang kerjasama dan silaturahim antarormas Islam di Jabar.

“Forum ini sebagai wadah dalam upaya menyamakan persepsi mengenai proses dan hasil Pilkada di Jabar,” kata Rizal dalam konferensi pers yang dihadiri 11 pimpinan ormas Islam, Senin (9/10/2017).

Rizal berharap jumlah ormas Islam yang tergabung dalam Formasi akan terus bertambah. Pihaknya pun akan semakin intensif melakukan komunikasi dengan Ormas Islam lainnya.

“Kami terus melakukan komunikasi dengan ormas Islam lainnya. Termasuk dengan Nahdlatul Ulama,” jelas Rizal yang juga Sekretaris PW Muhammadiyah Jawa Barat.

Pilgub Jabar pada 2018 menjadi concern umat Islam. Pasalnya, jelas Rizal, Jawa Barat merupakan daerah penyangga ibu kota yang sangat strategis baik dari aspek ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Sehingga tak dipungkiri jika konstelasi politik Jabar menjadi barometer kekuatan berbagai gumpalan politik.

“Oleh sebab itu seluruh elemen sosial politik didorong untuk senantiasa meningkatkan partisipasi dan kontribusinya. Apalagi ormas Islam,” ungkapnya.

Rizal menilai, Ormas Islam harus memperhatikan pilkada karena masalah kepemimpinan tidak dapat dipisahkan dari substansi ajaran agama Islam.

“Ormas Islam bukan organisasi politik, akan tetapi merupakan bagian penting dari suatu proses politik. Karenanya, eksistensinya perlu ditunjukkan, dihargai, dan diperhitungkan oleh berbagai pihak,” tandasnya. (Fath)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *