Kamis, 25 April 24

Gempa Jabar, BMKG: Warga Sukabumi Diminta Tenang

Gempa Jabar, BMKG: Warga Sukabumi Diminta Tenang
* Peta pusat gempa. (Foto: Info Gempa & Tsunami)

Jakarta, Obsessionnew.com – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) pada Jumat (15/12/2017) pukul 23.47 WIB.

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto mengatakan, Gempa dengan kekuatan 7,3 Skala Richter dengan episenter  terletak pada koordinat  7.29 LS dan 106.69 BT.

“Tepatnya  pada  jarak  48  Km  Barat Daya Sukabumi-Jawa Barat pada kedalaman  50 km,” ujar Joko dalam keterangan tertulisnya.

Dia menjelaskan, peta  tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan  bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di Wilayah Sukabumi dan sekitarnya.

“Berdasarkan  laporan  masyarakat gempabumi  dirasakan  di  daerah Jampang dan Surade  I SIG-BMKG (I-II MMI). Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan,” katanya.

Kalau ditinjau dari  kedalaman hiposenternya, lanjut Joko, tampak bahwa gempabumi  ini merupakan gempabumi kedalaman  dangkal akibat aktivitas subduksi  lempeng  Indo-Australia  yang menyusup ke bawah Lempeng  Eurasia yang  mengakibatkan deformasi  batuan.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan  belum  terjadi gempabumi susulan.  “Untuk itu kepada masyarakat di daerah wilayah  Sukabumi, Jawa Barat dan sekitarnya  dihimbau  agar tetap tenang,” tutupnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.