Kamis, 24 Mei 18

Maryono Komitmen Bersama Rakyat Bangun Perumahan

Maryono Komitmen Bersama Rakyat Bangun Perumahan
* Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN) Maryono.

Jakarta, Obsessionnews.com – Dua periode menjabat sebagai Direktur Utama  PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, tentu sosok Direktur Utama Bank BTN Maryono tidak boleh dipandang sebelah mata. Melalui sentuhan tangannya, kini bank Badan Usaha Milik  Negara (BUM) terus berkembang pesat.

Alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro tahun 1981 ditunjuk kedua kali mengelola Bank BTN pada 17 Maret 2017 lalu. Ia bukanlah orang baru yang berkarir di perbankkan. Ia memiliki pengalaman di bidang Perbankan sejak tahun 1982 di Bank Pembangunan Indonesia sampai dengan tahun 1999.

Tak heran, kinerja pria kelahiran Rembang, Jawa Timur ini dipuji oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, saat memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 BTN di Menara BTN, Minggu (11/2/2018) kemarin.

“Saya ucapkan terimakasih kepada BTN,  ini  suatu performance yang sangat hebat, bahwa dalam 1 tahun  harga saham BTN naik diatas 100 persen,” kata Rini Soemarno semangat.

Peran besar Maryono dalam mendukung program pemerintah untuk  program satu juta rumah yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo ini tidak dapat dipungkiri. Ini tentunya agar memenuhi kebutuhan rumah rakyat. Selama mengawal program tersebut, peran Bank BTN itu didistribusikan kepada seluruh bank, porsi Bank BTN selalu mendominasi lebih dari 95%.

Hal tersebut merupakan bukti nyata bahwa sejak awal BTN berdiri memang sudah siap untuk memberikan dukungan terhadap pemenuhan kebutuhan papan bagi rakyat. Bank BTN terhitung konsisten dengan core business yang dianut. Pembiayaan rumah sudah menjadi pilihan bisnis utama perseroan dan terbukti membawa dampak yang luar biasa bagi masyarakat, ekonomi nasional maupun perusahaan.

“Kami bersyukur karena seluruh masyarakat Indonesia menerima kehadiran Bank BTN dan memberikan dukungan sehingga sampai hari ini perseroan tetap eksis dan tumbuh menjadi perusahaan yang besar dan sehat. Bank BTN sudah menjadi bagian dari bank terkemuka di Indonesia. Saat ini BTN sudah masuk pada urutan ke-6 Bank terbesar di tanah airberdasarkan aset. Kami optimistis dalam waktu dekat BTN akan naik kelas menjadi nomor 5 sebagai bank terbesar di Indonesia,” tegas Maryono.

Terbukti kini BTN hampir  4,5 juta masyarakat Infonesia telah menikmati menyalurkan kredit sekitar Rp437 triliun selama 68 tahun perseroan ini berdiri.

Mempermudah akses masyarakat, Bank BTN juga meluncurkan situs https://rumahmurahbtn.com, sebuah aplikasi rumah murah BTN yang akan mempermudah konsumen untuk mencari aset yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya.

Ini sekaligus sebagai upaya perseroan untuk memperbaiki rasio kredit bermasalah sekaligus  mendongkrak laba. Penjualan aset properti dalam rangka recovery aset terhitung laris.

Pada tahun 2017 lalu penjualannya mencapai hampir 18.000 unit dengan nilai kurang lebih Rp 1,7 triliun. “Jadi, portal ini melengkapi portal kami sebelumnya yaitu www.btnproperti.co.id yang makin dipercaya konsumen untuk memproses KPR. Harapannya portal baru ini bisa sesukses portal kami sebelumnya,” terang Maryono.

Bersama BTN juga ia berhasil menyabet penghargaan dalam BUMN Awards2016 pada kategori pengelolaan SDM terbaik di lingkungan perbankan BUMN. BTN dinilai telah memenuhi syarat dalam pengelolaan SDM yang baik sebagai perbankan. Selama masa kepemimpinan Maryono, BTN dinilai mampu bersinergi dengan BUMN lainnya, sehingga bisnis BTN tumbuh lebih baik dibanding perbankan BUMN lainnya.

Seperti diketahui, kinerja Maryono turut mengukir keberhasilannya dengan mencatat perolehan laba bersih hingga kwartal III/2017 lalu mencapai Rp2 triliun, atau naik 24% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp1,62 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. (Popi)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *