Jumat, 19 April 24

Kemenkop: Perlu Sinergi Penguatan Modal UMKM Perbatasan 

Kemenkop: Perlu Sinergi Penguatan Modal UMKM Perbatasan 
* Asdep Permodalan, Kemenkop UKM Luhur Pradjarto (pertama dari kanan) dalam Rapat Fasilitasi dan Koordinasi Pengelolaan Potensi dalam Rangka Penguatan Permodalan Masyarakat Perbatasan Negara di Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN), di Belu, NTT.

Belu, Obsessionnews.com – Kementerian Koperasi dan UKM, berpendapat bahwa untuk membangun suatu daerah perbatasan perlu ada sinergi program antar berbagai stakeholders. Misalnya dengan mendorong peran UMKM supaya bisa tumbuh dan berkembang.

Begitu juga perlu mendukung penguatan permodalan dan pengembangan UMKM perbatasan negara berbasis potensi lokal. Dalam hal ini diharapkan adanya sinergi antara Kemenkop dan UKM, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), dengan pemda, maupun KL.

“Sehingga perekonomian di daerah perbatasan tumbuh dan berkembang sebagaimana yang diharapkan pemerintah,” kata Asisten Deputi Permodalan pada Deputi Pembiayaan, Kemenkop dan UKM Luhur Pradjarto melalui siaran pers, Sabtu (11/11/2017).

Meski begitu, menurut Luhur, dukungan permodalan bagi UMKM melalui kegiatan pengembangan wirausaha pemula sangat strategis, dan peningkatan kualitas SDM melalui kegiatan pelatihan. Selain itu, juga perlu ada tenaga pendamping.

Dengan adanya tenaga pendamping, diharapkan, para UMKM maupun koperasi dapat didorong untuk dapat mengakses pembiayaan yang bersumber dari lembaga perbankan maupun lembaga non bank.

“Tugas pendamping tidak hanya mendapatkan permodalan tapi juga membimbing pemanfaatan dana, bagaimana mengemas suatu produk yang baik dan bahkan mencarikan pasar yang potensial termasuk di daerah perbatasan,” katanya.

Dengan demikian, diharapkan usaha UMKM dan Koperasi dapat berkembang, pendapatan masyarakat meningkat sehingga masyarakat di daerah perbatasan hidup sejahtera dan akan memperkokoh NKRI.

Dalam kesempatan yang sama Boitenjeri, Deputi Pengelolaan Potensi Darat, BNPP menyampaikan, sebagai beranda negara harus menjaga pertahanan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan lingkungan. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.