Jumat, 19 April 24

Drama Musikal ‘PETER PAN’ Ala Siswa LSBA

Drama Musikal ‘PETER PAN’ Ala Siswa LSBA

Jakarta – London School Beyond Academy (LSBA) kembali menampilkan drama musikal dalam rangka memperingati hari Autisme sedunia yang jatuh pada tanggal 2 April 2017 lalu. Tahun ini judul yang akan ditampilkan adalah “PETER PAN” pada hari minggu 7 Mei 2017 pukul 14.00-16.00 bertempat di Auditorium Prof. Djayusman STIKOM LSPR-Jakarta. Acara ini juga merupakan penutup dari rangkaian acara Autism Awareness Festival 9.

London School Beyond Academy (LSBA) merupakan lembaga pelatihan ketrampilan bagi remaja berkebutuhan khusus yang berdiri dibawah naungan STIKOM LSPR-Jakarta. Berdiri pada tahun 2013 dan hingga saat ini sudah memiliki empat angkatan dengan jumlah siswa sebanyak 52 orang.

“LSBA memilih kegiatan drama musikal karena melihat pada persiapannya para siswa banyak sekalai mendapatkan pembelajaran. Penampilan akhir bukanlah segalanya, tetapi proses persiapan yang menjadi momen penting bagi para siswa, dimana mereka akan belajar banyak hal seperti menghafal naskah, menunggu, mematuhi aturan, tenggang rasa, dan saling menghormati sesama temannya”, ujar ibu Chrisdina Wempi, Direktur London School Care for Autism Awareness (LSCAA) dan juga London School Beyond Academy (LSBA). “Judul yang dipilih tahun ini adalah PETER PAN, yang didalam ceritanya terdapat nilai kesetiakawanan”, tambahnya.

Dalam drama musikal “PETER PAN” ini semua siswa/I LSBA berkontribusi aktif. Selain peran di drama musikal ini dimainkan oleh seluruh siswa/I LSBA, bagian lain yang dikerjakan oleh mereka adalah mempersiapkan sebagian besar perlengkapan pemain (property crew) dan bahkan bertanggungjawab sebagai operator lampu panggung (lighting crew). Produksi ini dibantu oleh tim dari konsentrasi Performing Arts Communication LSPR-Jakarta, mulai dari penulisan naskah, pelatih dan tata musik.

“Anak-anak ini sangatlah berpotensi, drama musikal PETER PAN merupakan judul ketiga yang mereka pernah tampilkan. Drama musikal berjudul ALADDIN ditahun 2015, dan tahun lalu mereka berhasil memukau para penonton dengan drama musikal berjudul THE GREASE”, Ujar Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR, Pendiri dan Direktur LSPR-Jakarta. “Yang mereka butuhkan adalah kepercayaan. Percaya bahwa mereka bisa, percaya bahwa kita adalah bagian terpenting bagi mereka.. dan kita akan melihat mereka berhasil”, tambahnya.

London School Centre for Autism Awareness (LSCAA) merupakan bagian dari kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) LSPR-Jakarta sebagai bentuk kepeduliannya terhadap anak-anak berkebutuhan khusus yang salah satu karakteristiknya memiliki kesulitan dalam berkomunikasi baik verbal ataupun non-verbal. Melalui LSCAA, LSPR-Jakarta berharap dapat mengkomunikasikan mengenai autism kepada masyarakat Indonesia. Berbagai kegiatan yang telah diselenggarakan oleh LSCAA seperti acara tahunan Autism Awareness Festival, Workshop for Parents, Pembuatan produksi film pendek “Saudaraku Berbeda”, Teachers Training, dan masih banyak lagi guna mengkomunikasikan perihal sosialisasi autism.

Hingga saat ini, LSCAA telah memberikan pelatihan kepada 5028 guru yang mewakili 1616 Sekolah Dasar se-Jabodetabek. Pemutaran film “Saudaraku Berbeda” telah dilakukan di 24 sekolah dan ditonton oleh 3131 siswa. Orang tua pun dilibatkan dengan berbagi pengalaman dengan yang lainnya yang telah diikuti oleh 264 orang.

London School of Public Relations – Jakarta yang berdiri sejak 1 Juli 1992 adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan program sarjana ilmu komunikasi yang terbagi atas enam konsentrasi pilihan yaitu, Public Relations, International Relations, Marketing, Mass Communication, Visual Design Communication & Advertising dan Performing Arts Communication, serta program pasca sarjana yang terbagi menjadi empat konsentrasi yaitu Corporate Communication, Marketing Communication, International Relations Communication dan Mass Media Management. Saat ini LSPR – Jakarta memiliki 16.264 lulusan serta lebih dari 4500 mahasiswa/i aktif. (Ali)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.