Kamis, 25 April 24

Diamkan Pembantaian Muslim Rohingya, Penghargaan Suu Kyi Dicabut!

Diamkan Pembantaian Muslim Rohingya, Penghargaan Suu Kyi Dicabut!
* Aung San Suu Kyi

Anggota Dewan Kota Dublin memutuskan untuk menarik lagi penghargaan Freedom of Dublin City yang dulu mereka anugerahkan kepada pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi.

Sebelumnya, bulan lalu musisi pop Bob Geldof menyerahkan kembali penghargaan Freedom of Dublin yang pernah diterimanya. Hal itu dilakukannya sebagai protes terkait sesama penerima penghargaan itu, Aung San Suu Kyi ihwal kebijakannya terhadap suku Rohingya Muslim Myanmar.

Suu Kyi dituduh tutup mata atas penindasan terhadap Muslim Rohingya oleh militer. Sejauh ini sudah lebih dari setengah juta warga Rohingya melarikan diri ke Bangladesh untuk menyelamatkan diri dari gelombang kekerasan sejak Agustus lalu.

Menurut pemberitaan RTÉ, pemungutan suara di Dewan Kota Dublin terhadap usulan mencopot penghargaan pada Suu Kyi adalah 59 mendukung, dua menentang dan satu abstain.

Para anggota dewan kota Dublin juga setuju untuk menghapus nama Sir Bob Geldof dari daftar, setelah musikus itu mengembalikan hadiah kehormatan itu ke dewan kota bulan lalu. (bbc.com)

Baca Juga:

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.