Kamis, 25 April 24

Delegasi Mancanegara Bakal Bikin Pesta Kesenian Bali 2018 Semakin Berwarna

Delegasi Mancanegara Bakal Bikin Pesta Kesenian Bali 2018 Semakin Berwarna
* Pesta Kesenian Bali 2018 akan digelar di Taman Budaya-Art Center, Denpasar, pada 23 Juni - 21 Juli 2018. (Foto: Kementerian Pariwisata)

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1934963369889782&id=986632511389544

Denpasar, Obsessionnews.com – Pesta Kesenian Bali 2018 akan digelar di Taman Budaya-Art Center, Denpasar, pada 23 Juni – 21 Juli 2018. Kolaborasi dengan Festival Panji/INAO akan digulirkan 28-29 Juni 2018.

Pesta Kesenian Bali 2018 akan digelar di Taman Budaya-Art Center, Denpasar, pada 23 Juni – 21 Juli 2018. (Foto: Kementerian Pariwisata)

Kehadiran delegasi mancanegara di Pesta Kesenian Bali 2018 yang dikolaborasikan dengan Festival Panji/INAO Internasional ini bakal membuat even itu semakin berwarna.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, Pesta Kesenian Bali ke-40 ini akan berlangsung meriah.

“Pesta Kesenian Bali tahun ini semakin semarak. Konten yang ditawarkan luar biasa. Even ini semakin sempurna dengan kehadiran Festival Panji/INAO Internasional. Bukan hanya Bali dan nusantara, Pesta Kesenian Bali juga menawarkan budaya mancanegara,” tutur Arief seperti dikutip Obsessionnews.com dari laman Facebook Kementerian Pariwisata.

Festival Panji/INAO Internasional sendiri akan diikuti beberapa negara ASEAN, antara lain Kamboja dan Thailand. Festival Panji/INAO Internasional menyiapkan beberapa konten utama. Ada pagelaran, workshop, juga pameran.

“Festival Panji/INAO Internasional sangat bagus dan unik. Konten yang ditawarkan menarik. Even ini sangat menginspirasi dengan transformasi pengetahuan. Pokoknya momen berharga ini jangan sampai terlewatkan,” terang Mempar.

Festival Panji/INAO secara umum digulirkan mulai 27 Juni-13 Juli. Selain Pulau Dewata, festival ini tersebar di beberapa kota. Seperti Jawa Timur, DI Yogyakarta, dan DKI Jakarta.

“Secara konsep, Festival Panji/INAO Internasional ini sudah sangat kuat. Kehadiran di Bali tentu luar biasa,” tandas Arief.

Menggunakan kekuatan sastra sebagai dasar, festival ini dilengkapi dengan instrumen lain. Inspirasi ditiupkan melalui seni pertunjukan, seperti musik, tari, dan teater. Ada juga wayang beber, komik, seni media dan film, hingga seni kreatif seperti topeng. Festival ini juga merilis hasil penelitian, kajian, diskusi, hingga pemanfaatan seni-teknologi.

“Kehadiran Festival Panji/INAO Internasional semakin menyempurnakan pesona Pesta Kesenian Bali tahun ini. Even ini akan semakin menarik. Sebab, konten luar biasa juga sudah disiapkan Pesta Kesenian Bali,” ujar Arief.

Pesta Kesenian Bali digelar kolosal. Even ini total diikuti sekitar 15.000 seniman. Mereka akan terbagi dalam 271 kelompok kesenian. Selain kelompok seni dari Pulau Dewata, Pesta Kesenian Bali juga diikuti delegasi lain. Total terdapat 13 daerah yang siap menebarkan pesonanya.

Daerah lain yang bergabung antara lain Kota Tangerang, DKI Jakarta, Jawa Barat, Temanggung, Gunungkidul, ISI Yogyakarta, Batu-Malang, Blitar, hingga Bangkalan. Bergabung juga daerah Kalimantan Timur, Kabupaten Baru, Bima, dan ISBI Papua. Ada juga beberapa seniman mancanegara yang bergabung. Seperti dari India, Jepang, Tiongkok, hingga Peru.

“Pesta Kesenian Bali sekarang semakin kompleks. Dan, ini tentu menjadi daya tarik terbaik bagi para wisatawan. Kami optimitis, kolaborasi besar antar elemen di Pesta Kesenian Bali akan menaikan jumlah kunjungan wisatawan khususnya mancanegara. Sebab, Pesta Kesenian Bali ini levelnya dunia,” kata Arief.

Demi memuaskan wisatawan, detail content sudah disiapkan. Materi perlombaan yang disiapkan seperti, gender wayang remaja dengan sloka, baleganjur anak-anak, bondres modern, tembang girang, nyastra, dan lainnya.

Materi yang diparadekan antara lain ngelawang, tari pelegongan, wayang kulit babad, dan janger klasik. Ada juga gong kebyar, arja cerita rakyat Bali, drama gong, joged bumbung tradisional, topeng panca klasik, hingga gamelan angklung kebyar. Selain itu, 4 materi pagelaran terdiri kesenian inovatif, kesenian khas menurut daerah di Bali, juga seni baru dari kabupaten/kota di Pulau Dewata.

“Kami berharap wisatawan bisa menikmati Pesta Kesenian Bali ini dengan nyaman. Sebab, Bali adalah destinasi kelas dunia. Selain atrkasinya, aksesibilitas dan amenitasnya luar biasa bagus. Enjoy Bali,” ujar Menpar. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.