Kamis, 24 Mei 18

Mantan Ketua Fraksi Demokrat DPR Akui Terima Uang Rp1 Miliar dari Nazaruddin

Mantan Ketua Fraksi Demokrat DPR Akui Terima Uang Rp1 Miliar dari Nazaruddin
* Mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Jafar Hafsah.

Jakarta, Obsessionnews.com – Mantan Ketua Fraksi Demokrat DPR Jafar Hafsah bersaksi untuk terdakwa kasus e-KTP Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin, (12/2/2018). Jafar mengaku pernah menerima uang hampir Rp1 miliar dari mantan Bendum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin.

Uang tersebut diterima Jafar sekitar tahun 2010, tepat ketika proyek e-KTP direncanakan. “Ya, (Nazaruddin) sebagai bendahara, saya pernah menerima uang sebagai Ketua Fraksi,” kata Jafar.

Jafar menjelaskan, uang yang diserahkan Nazaruddin untuk dirinya hampir Rp1 miliar. Jafar berdalih ketika pemberian berlangsung, Nazaruddin menyebut kalau uang tersebut untuk biaya operasional fraksi.

“Uangnya hampir Rp1 miliar, dipakai untuk operasional fraksi,” kata Jafar.

Setelah mendapatkan uang hampir Rp1 miliar dari Nazaruddin, Jafar lalu membeli sebuah mobil Land Cruisers seharga Rp1,2 miliar. “Sekitar Rp300 juta (kurangnya). Saya pinjam setelah itu (untuk beli mobil),” kata Jafar.

Namun setelah mencuat kasus e-KTP, dia buru-buru mengembalikan ke KPK. Ia berkelit takut uang tersebut menjadi masalah di kemudian hari.

“Karena waktu itu (penyidik) menyampaikan bahwa uang itu dari e-KTP. Saya enggak tahu uang itu dari e-KTP, oleh karena itu, saya kembalikan uangnya ke KPK sebesar Rp1 miliar,” kata Jafar. (Albar)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *