Jumat, 19 April 24

KPU Loloskan 14 Parpol Jadi Peserta Pemilu 2019, PBB dan PKPI Terdegradasi

KPU Loloskan 14 Parpol Jadi Peserta Pemilu 2019, PBB dan PKPI Terdegradasi
* Ketua KPU Arief Budiman.

Jakarta, Obsessionnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan 14 partai politik lolos verifikasi, sekaligus menjadi peserta pemilu 2019. Hanya dua parpol yang terdegradasi yakni PBB, PKPI.

Pengumuman itu berlangsung di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta Pusat, Sabtu (17/2/2018), dengan dipimpin oleh Ketua KPU Arief Budiman. Turut dihadiri perwakilan parpol.

“Hasil verifikasi partai politik dibacakan berdasar urutan partai, data dari seluruh provinsi akan ditampilkan di layar,” ujar Arief.

Dari 14 parpol lolos verifikasi, 10 di antaranya adalah parpol-parpol yang merupakan partai peserta Pemilu 2014. Mereka adalah PDIP, Golkar, Gerindra, Partai Demokrat, PKB, PAN, PPP, PKS, NasDem, dan Hanura.

Ke-10 partai itu berhasil memenuhi syarat kepengurusan dan keanggotaan di 75 persen kabupaten/kota di 35 provinsi yang ada di Indonesia.

Selain 10 partai tersebut, ada empat partai baru yang lolos verifikasi partai peserta Pemilu 2019 yaitu PSI, Partai Berkarya, Perindo, dan Partai Garuda.

Sementara PBB dan PKPI dinyatakan tidak lolos karena dinyatakan tidak memenuhi syarat sebaran keanggotaan di 75 persen kabupaten/kota masing-masing 34 provinsi di Indonesia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.