Senin, 25 Juni 18

KPK akan Pelajari Tudingan Nazar Soal Fahri Hamzah Korupsi

KPK akan Pelajari Tudingan Nazar Soal Fahri Hamzah Korupsi
* Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah.

Jakarta, Obsessionnews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin menyerahkan bukti keterlibatan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dalam kasus korupsi seperti yang ditudingnya.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang mengatakan jika Nazaruddin sudah menyerahkan bukti maka hal itu bisa dijadikan sebagai dasar untuk memprosesnya lebih lanjut. Menurut dia, KPK tidak bisa memproses sebuah kasus korupsi tanpa ada dasar yang jelas.

“Tapi kalau dia (Nazaruddin) memberikan (bukti) itu ke kita, kemudian itu nanti akan dipelajari. Kan nggak boleh suuzon terhadap orang ya kan? Ya gitu dong,” kata Saut Situmorang di Jakarta, Senin (19/2/2018).

Saut menjelaskan, pihaknya pro aktif dalam penanganan perkara termasuk dari laporan masyarakat yang diterima. Laporan-laporan yang masuk ditegaskan Saut baru bisa diselidiki bila ada 2 bukti permulaan yang cukup.

“Pokoknya gini, KPK itu jangankan laporan-laporan yang terbuka kaya gitu, yang tertutup juga banyak. 7. 000 surat per tahun didalami KPK. Kemudian kalau ada 2 bukti yang cukup, masuk ke proses penyelidikan. Jadi ada prosesnya,” jelas Saut.

Nama Fahri Hamzah disebut Nazaruddin saat wawancara dengan wartawan di Pengadilan Tipikor. Nazaruddin bicara panjang lebar soal niat membantu KPK yang kemudian merembet ke soal Permai Group, kepala daerah yang terlibat korupsi, lalu soal Fahri Hamzah.

“Contohnya saya akan segera menyerahkan segera berkas ke KPK tentang korupsi yang dilakukan Fahri Hamzah ketika dia Wakil Ketua Komisi III. Saya akan buktikan, kalau memang dia bersih dengan bukti yang saya ajukan, insyaallah dengan bukti yang saya serahkan cukup membuat Fahri tersangka,” ungkap Nazaruddin. (Has)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.