Sabtu, 20 April 24

Jokowi Resmikan Bandara Kedua Terbesar di Indonesia

Jokowi Resmikan Bandara Kedua Terbesar di Indonesia
* Presiden Jokowi berpidato saat peresmikan Bandara Internasional Jawa Barat ( BIJB) di Kertajati, Majalengka, Kamis (24/5/2018) (foto: humas Kemenkomaritim))

Majalengka, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bandara Internasional Jawa Barat ( BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (24/5/2018) pagi. Peresmian bandara tersebut ditandai dengan mendaratnya pesawat kepresidenan yang ditumpangi Jokowi.

“Alhamdulillah, sudah kita saksikan pendaratan resmi yang pertama pesawat turun di Bandara Internasional Kertajati,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Semoga dengan adanya bandara ini bisa melayani masyarakat yang ingin ke Jawa Barat. Dia juga berharap dengan adanya bandara ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Jawa Barat.

“Selain itu kita berharap ada dampak ekonomi untuk Kabupaten Majelengka dan Jawa Barat secara keseluruhan,” kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, pembangunan bandara ini bisa menjadi proyek percontohan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Hal ini disebabkan pembangunannya melibatkan banyak pihak, yakni pemerintah daerah, pemerintah pusat dan swasta. “Model pembangunan seperti ini akan kita lakukan di daerah lain agar terjadi percepatan pembangunan yang dirasakan masyarakat,” ucapnya.

Untuk diketahui, BIJB merupakan bandara kedua terbesar di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten. Adapun luas lahan BIJB mencapai 1.800 hektar.

Bandara ini mulai dibangun pada 2014 dengan pembangunan runway (landas pacu) sepanjang 2.500 meter x 60 meter dan paralel taxiway sepanjang 2.750 meter x 25 meter yang sudah selesai dibangun pada akhir 2017. Dengan ukuran landas pacu tersebut, nantinya bandara ini akan mampu melayani operasional pesawat A330.

Rencananya, landas pacu dipanjangkan hingga 3.200 meter x 60 meter agar bisa melayani operasional pesawat sipil terbesar di dunia seperti Airbus A380, Boeing B 747, maupun B 777. Bandara ini juga mempunyai apron seluas 397.890 meter persegi yang dapat menampung 10 parking stand pesawat jet narrow body.

Selain untuk penumpang dan kargo, Bandara Kertajati juga akan menjadi embarkasi haji untuk masyarakat Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.