Jumat, 19 April 24

140 Kopassus Dikerahkan Bantu Evakuasi 400 Pendaki di Rinjani

140 Kopassus Dikerahkan Bantu Evakuasi 400 Pendaki di Rinjani
* Prajurit Kopassus.

Jakarta, Obsessionnews.com – Pasca gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB) setidaknya ada 400 orang terjebak di Gunung Rinjani. Hingga saat para pendaki ini belum bisa dihubungi. Karena itu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menerjunkan personel Kopassus untuk mengevakuasi para turis.

Hadi mengungkapkan, sebanyak 140 personel Kopassus dikerahkan untuk mengevakuasi para pendaki. “Tadi pagi saya berangkatkan 140 pasukan Kopassus untuk bantu wisatawan yang terjebak di Gunung Rinjani,” kata Hadi dalam rapat koordinasi pengamanan Asian Games 2018 di Polda Metro Jaya, Senin (30/7/2018).

Hadi menjelaskan, wisatawan yang terjebak tersebut merupakan wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Untuk membantu mereka, TNI bekerja sama dengan Polri dan Basarnas.

Selain itu, TNI juga sudah mengirim bantuan berupa rumah sakit lapangan. Sebanyak 80 orang tenaga medis bekerja memberikan penanganan bagi para korban gempa bumi.

Hadi menyatakan, rumah sakit lapangan tersebut sudah beroperasi sejak Minggu (29/7/2018) malam. Rumah sakit itu bekerja di dua wilayah. “Rumah sakit lapangan kedua disiapkan kalau diperlukan. (Yang pertama) sudah tergelar dan sudah menangani korban luka,” imbuh Hadi.

Tidak hanya itu, TNI juga memberikan bantuan kepada anak-anak yang terdampak gempa bumi. Bantuan berupa kegiatan-kegiatan untuk menghilangkan trauma pasca bencana. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.