Minggu, 17 Desember 17 | 01:47 WIB

  • Flipboard
  • Linkedin

Belanda, Nasibmu Kini …

Belanda, Nasibmu Kini …
* Meski menang 2-0 melawan Swedia pada laga pamungkas grup kualifikasi zona Eropa di Amsterdam ArenA, Selasa (10/10/2017), Belanda gagal melaju ke putaran final Piala Dunia 2018.

Jakarta, Obsessionnews.com –  Tim nasional (timnas) Belanda yang mempelopori  total football  disegani disegani di Eropa dan dunia. Prestasi terbaik Belanda adalah menjadi finalis Piala Dunia 1974. Saat itu Belanda harus mengakui kehebatan Jerman Barat (kini Jerman). Belanda kembali tampil di final pada Piala Dunia 1978. Dewi fortuna kembali belum menghinggapi Belanda. Belanda takluk melawan Argentina.  Belanda kembali tak berkutik melawan Argentina dalam semi  final Piala Dunia 2014.

Kini kejayaan sepak bola Belanda mulai memudar dalam setahun terakhir.  Secara mengejutkan Belanda tak lolos ke Piala Eropa 2016. Nasib buruk kembali menimpa Belanda karena tidak berhasil memperoleh tiket ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Kemenangan Belanda atas Swedia 2-0  pada laga pamungkas grup kualifikasi zona Eropa di Amsterdam ArenA, Selasa (10/10/2017) waktu setempat atau Rabu dini hari WIB, tak ada artinya. Hasil tersebut tak mampu menolong Belanda lolos ke Piala Dunia 2018. Dan inilah untuk pertama kalinya Belanda tak ikut berlaga di kompetisi sepak antar negara sedunia yang digelar empat tahun sekali tersebut.

Arjen Robben memborong dua gol Belanda pada pertandingan itu. Dua gol kapten Oranje itu pada akhirnya cuma menjadi gol-gol hiburan semata karena tak mempengaruhi kelolosan timnya.

Arjen Robben
Kapten timnas Belanda Arjen Robben.

Sejak sebelum laga dimulai, Belanda memang sudah tak punya peluang untuk lolos langsung ke putaran final. Satu-satunya kesempatan adalah melalui play-off, itu pun amat tipis.

Untuk merebut posisi runner-up grup dari tangan Swedia, Belanda harus menang setidaknya dengan skor 7-0. Syarat ini wajib dipenuhi lantaran Swedia unggul tiga poin atas Belanda dan punya selisih gol yang jauh lebih baik.

Namun, karena cuma menang 2-0, Belanda akhirnya finis di posisi ketiga klasemen akhir Grup A dengan 19 poin. Jumlah poin Belanda sama dengan Swedia, tapi Swedia punya selisih gol yang lebih mantap, yaitu +17 dibandingkan +9. Swedia pun berhak tampil di babak play-off, sementara tiket lolos langsung direbut Prancis yang jadi juara grup.

Karena Belanda gagal melaju ke Piala Dunia 2018, Arjen Robben memutuskan mundur dari gelanggang sepak bola internasional.

“Saat ini, saya ingin fokus untuk karier di klub (Bayern Muenchen),” kata Robben seusai pertandingan Belanda vs Swedia seperti dikutip BolaSport.com dari Mirror.

Berita pertandingan Belanda vs Swedia menjadi trending topic di mesin pencari Google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia pada Rabu (11/10) pukul 10.50  WIB berita tersebut diltelusuri lebih dari 10.000 kali.

Susunan Pemain
Belanda: Cillessen; Tete (Janmaat 71′), Van Dijk, Rekik, Ake; Wijnaldum (Klaassen 71′), Vilhena, Blind; Robben, Babel, Janssen (Dost 46′)

Swedia: Olsen; Lustig, Lindelof, Granqvist, Augustinsson; Claesson (Svensson 68′), Larsson (Olsson 81′), Johansson, Forsberg; Toivonen (Thelin 76′), Berg.

(arh)

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *