Kamis, 25 April 24

Bawaslu Sudah Bentuk Perangkat Pengawas Pemilukada

Jakarta, Obsessionnews.com – Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) sudah melakukan tahapan untuk membentuk perangkat pengawas dari provinsi sampai dengan tingkat Kab/Kota. Hal ini dilakukan guna menyambut Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak dan tahap awal verifikasi parpol yang akan dilakukan sekitar bulan Oktober 2017.

“Jadi, pada saat verifikasi parpol, diharapkan Panwas Kabupaten/Kota dan Bawaslu Provinsi sudah siap, sehingga bisa mengawal proses demokrasi di Indonesia,” ujar Ketua Bawaslu, Abhan di Media Center Bawaslu, MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (21/6/2017) malam.

Dia menjelaskan, dengan adanya pengawasan yang baik maka demokrasi di seluruh Indonesia akan diterapkan dengan baik, serta hasilnya akan berkualitas.

Pada tahapan pembentukan Panwas Kabupaten/Kota sudah mulai terlaksana di 514 kabupaten/ kota. “Pembentukan Panwas Kab/Kota sampai hari ini sudah memasuki tahap pendaftaran,” ungkap Abhan.

Pada awaI Juli, kata Abhan, para pendaftar sudah akan melakukan tes tertulis secara serentak yang dibagi dalam 4 gelombang. GeIombang pertama, tes tertulis serentak akan dilaksanakan di Pulau Sumatera, GeIombang dua di Jawa dan kaIimantan, GeIombang Tiga di Sulawesi. “Dan gelombang empat di Papua,” ujarnya.

Sedangkan pembentukan Bawaslu Provinsi, Bawaslu RI sudah melakukan pembekalan kepada Tim Sel. Pembekalan ini dilakukan guna menyatukan pemahaman antara Timsel dengan Bawaslu RI. “Bawaslu RI menginginkan para penyelenggara pemilu nantinya mempunyai sifat integritas yang kuat, juga memperhatikan keterwakilan 30% perempuan,” ungkap Abhan.

Bawaslu RI sangat percaya kepada Timsel bisa menyaring para calon penyelenggara pemiIu yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh Bawaslu RI. “Untuk itu Bawaslu RI teIah memilih orang-orang sudah diuji kemampuannya dalam bidang pemiIu dan kenegarawannya tidak perlu dipertanyakan kembali,” jelasnya.

Dalam waktu dekat ini ada 25 Bawaslu provinsi yang akan dibentuk. Pada awal Juli tahun 2017 Timsel sudah mulai bekerja dengan melakukan sosialisasi yang kemudian diIanjukan dengan pengumuman pendaftaran Bawaslu provinsi. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.