Selasa, 12 Desember 17 | 06:11 WIB

  • Flipboard
  • Linkedin

Bambooland Jadi Pusat Pengembangan Potensi Bambu

Bambooland Jadi Pusat Pengembangan Potensi Bambu

Sleman, Obsessionnews.com – Bambooland yang terletak di Dusun Ngepring, Purwobinangun, Pakem, Sleman, menjadi wahana bagi pengembangan potensi bambu. Program Bambooland merupakan satu dari 25 proposal yang didanai Pemerintah Australia, menyisihkan 267 proposal yang masuk.

Menurut Ketua Program Bambooland, Faruq Haqi, Bambooland merupakan spirit dan platform pemuliaan tanaman bambu Indonesia dan produk turunannya. Itu dilakukan melalui penguatan dan pendampingan masyarakat pemanfaatan yang beradab dan lestari.

“Program ini mencakup pembibitan, penanaman dan produksi berupa kerajinan kerai, besek furnitur dan interior,” kata Faruq, Kamis (10/8/2017).

Faruq menjelaskan, terpilihnya program Bambooland di Sleman lantaran Sleman miliki kurang lebih 11 jenis bambu. Antusias warga setempat untuk mendapatkan pelatihan pun cukup tinggi, terlihat dari banyaknya pendaftaran yang lebihi target.

Bambooland baru saja diresmikan oleh Bupati Sleman bersama Perwakilan Pemprov DIY, Sekretariat Negara, Dubes Australia, Rektor UIN Sunan Ampel, dan Rektor Universitas Islam Indonesia.

Bupati Sleman, Sri Purnomo, menyampaikan apresiasi terpilihnya Sleman menjadi pusat pengembangan bambu. Lewat SK Bupati Sleman No.306/Kep.KDH/A/2013, Pemkab Sleman telah melakukan upaya jadikan bambu sebagai komoditas unggulan, mengingat potensinya yang masih terbuka lebar.

“Potensi bambu di Kabupaten Sleman sendiri masih terbuka lebar. Dilihat dari segi ekonomis, bambu merupakan tanaman yang mudah ditanam, murah dan mudah didapat serta dapat diolah menjadi berbagai olahan kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi. Dari sisi ekologi, bambu juga berperan penting dalam konservasi air dan konservasi lahan di koridor sempadan sungai sebagai kawasan perlindungan,” katanya. (Fath)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *