Jumat, 19 April 24

Ajakan Sholat Subuh Berjamaah yang Simpatik

Ajakan Sholat Subuh Berjamaah yang Simpatik
* Spanduk ajakan sholat subuh berjamaah di masjid di Bandung.

Suatu siang ketika melewati Jalan Jakarta di depan Rutan Kebonwaru Bandung, mata saya tertumbuk pada sebuah spanduk yang terpasang pada sebuah papan billboard. Bunyi tulisan di dalam spanduk tersebut cukup simpatik. Mulai Hari Ini, Jangan Lewatkan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid, begitu bunyinya. Beberapa spanduk yang sama juga terpasang di beberapa papan billboard di jalan-jalan utama kota kembang.

Tak penting siapa yang memasang  spanduk iklan tersebut, namun isinya menggugah kesadaran umat Islam untuk meramaikan masjid dengan sholat Subuh berjamaah. Gerakan sholat subuh berjamaah  di masjid cukup gencar didengungkan pasca aksi 212 tahun lalu. Secara bergilir para pemimpin ummat ini menghadiri sholat Subuh berjamaah di berbagai kota di tanah air. Hasilnya memang terlihat, masjid-masjid besar di berbagai kota diramaikan dengan umat Islam yang melaksanakan sholat Subuh berjamaah.

Secara kebetulan, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil juga membuat gerakan sholat subuh berjamaah di kota Bandung (Baca: Ridwan Kamil Sasar Anak Muda Buat Gerakan Subuh Berjamaah). Mungkin saja spanduk pada billboard yang saya lihat di atas berhubungan  dengan gerakan yang dicanangkan Kang Emil.

Siapapun yang mempelopori gerakan sholat Subuh berjamaah di masjid, itu adalah ajakan yang sangat baik. Masjid adalah pusat berkumpulnya ummat Islam. Kecuali sholat Jumat, selama ini di kebanyakan masjid sepi dari shalat berjamaah, hanya satu sampai dua shaf saja yang terisi. Dengan memulai hari melalui sholat berjamaah di masjid, diharapkan lahir generasi muda yang mencintai masjid dan menegakkan sholat.

Oh ya, seorang teman berkomentar tentang spanduk pada papan billboard di atas. Rasanya adem melihat spanduk tersebut, ketimbang diisi dengan iklan rokok atau minuman. (Rinaldi Munir, dosen Teknik Informatika ITB)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.